Langsung ke konten utama

Makanan Harga Murah Dan Sehat Sebagai Bekal Khusus Untuk Mendaki Gunung

Pastikan saat melakukan daki gunung harus membawa makanan dengan harga murah dan sehat. Dengan harga yang sangat terjangkau bahkan banyak sekali tersedia di pasar tradisional ternyata mampu memberikan energi yang cukup besar saat melakukan kegiatan pertualangan ini. Di Indonesia banyak sekali gunung api yang masih aktif sebagai destinasi perjalanan yang sangat disenangi bagi anak muda yang mempunyai nyali untuk menguji diri apakah mampu menaklukan sifat egois dalam diri ini serta menikmati keindahan pemandangan saat berada di puncak gunung. Dengan sangat banyaknya anak muda yang antusias melakukan mendaki gunung secara bersama-sama dengan anggota komunitas ini ada makanan sehat dengan harga murah yang tentu saja sangat berenergi mampu membuat rasa kenyang tetap terjaga sampai ke puncak gunung. Apa saja jenis makanan yang sangat sehat serta harga nya sangat mudah sebagai makanan ideal untuk seorang pendaki gunung saat melakukan ekspedisi perjalanan pecinta alam seperti ini, berikut penjelasannya:

#1. GULA AREN.
Tidak hanya untuk tambahan membuat kue saja, gula aren juga direkomendasikan untuk dibawa saat melakukan kegiatan mendaki gunung. Harga yang sangat murah terjangkau ini sudah banyak ditemukan di pasar tradisional dengan berbagai ukuran. Gula aren dipercaya memberikan energi ekstra saat melakukan perjalan ekstrim ini karena kandungan glukosa yang cukup baik dan dibutuhkan saat suasana dingin di perjalanan sangat mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan daya tahan ekstra saat tubuh dilanda hipothermia. Penggunaan gula aren ini bisa anda kombasikan dengan berbagai minuman lainnya seperti teh, minuman jahe, dan lainnya. Rasa yang tetap unik pastinya akan memberikan sebuah nuansa keakraban sesama komunitas bisa anda dapatkan segera.



#2. WAFER BAR SEREAL.
Makanan ringan ini juga menjadi pilihan sehat dengan harga murah banyak diandalkan oleh para pendaki gunung. Dengan berbagai variasi rasa dan bahan dasar yang dipakai sebagai makanan yang sangat sehat ini mampu memberikan energi ekstra saat rasa lapar melanda dengan udara dingin sekeliling. Terutama cereal bar dengan rasa manis ini juga sangat praktis dengan ukuran tertentu dan dapat menunda lapar yang melanda sebelum sampai ke shelter yang akan dituju. Pastikan anda tetap memperhatikan, bungkusan yang akan menjadi sampah ini tidak boleh dibuang selama rute perjalanan dan harus dibuang saat berada di pintu gerbang posko memasuki gunung berapi.

#3. BUAH SEGAR.
Jenis buah yang dibawa saat mendaki gunung juga direkomendasikan terutama memberikan nilai vitamin yang cukup variatif seperti Vitamin C agar terasa segar dan mata selalu melek saat melangkah. Pilih buah jeruk, apel, pir, dan lainnya yang mudah dibawa. Karena buah juga memberikaan efek nilai sehat saat melangkah apalagi harganya sangat terjangkau. Khusus anda ingin membawa jeruk pecel atau jeruk nipis sebagai pelengkap untuk tambahan minum saat berada di puncak dapat juga dibawa, sangat baik campuran teh agar terasa segar dan menyegarkan.

Poto oleh: yukepo.com

#4. SAYUR SEGAR.
Pilihan ini juga tergantung dari pendaki, karena sayur segar juga memberikan efek kenyang lebih lama saat diperjalanan nanti bahkan bisa menjadi snack sehat yang dipersiapkan sebelum mendaki. Seperti timun, wortel, bahkan buncis yang dijadikan cemilan untuk sampai ke shelter terdekat menuju ke puncak gunung. Tentu cemilan sehat dari sayur segar ini sedikit triki karena ada sedikit seduhan air panas yang bisa anda persiapkansaat berada di tempat makan sekitar pintu masuk posko. Cara ampuh untuk menunda lapar ini tentu diperlukan karena anda butuh ekstra tenaga yang juga dapat diambl dari contoh sayuran segar ini.

#5. MANAKAN JENIS UBI REBUS atau KENTANG REBUS.
Walaupun terlihat sangat tradisional sekali tetapi mampu memberikan asupan karbohidrat saat diperjalanan nanti. Jenis ubi ini bsa dipilih apakah ubi ketela atau ubi singkong tergantung selera. Dan tambahan lainnya sebaiknya juga menambah ketang rebus sebagai cemilan sehat saat diperjalanan nanti. Karena kedua jenis makanan ini harganya sangat murah bahkan mempunyai nilai gizi yang cukup baik bagi anda yang suka kelaperan di perjalanan daki gunung nanti.

#6. MAKANAN JENIS GANDUM.
Tentu saja dengan berkembangnya jenis produk makanan yang berbahan dari gandum murni sudah banyak tersedia, seperti gandum murni, snack gandum, hingga roti gandum. Anda bisa pilih sesuai dengan selera jenis yang aman akan memberikan kenyang lama saat mendaki nanti. Memang untuk harga masih terjangkau jika anda mendaki rombongan tentu akan menjadi lebih murah jika sharing biayannya. Teliti berapa jumlah yang akan dibawa supaya ketersediaan makanan ini cukup selama mendakin gunung.

#7. TELUR REBUS, TAHU, TEMPE.
Ada tambahan makanan lainnya yang mempunyai nilai protein tinggi adalah jenis telur, tahu, dan tempe. Persiapan untuk jenis makanan selama anda mendaki untuk hari ini dapat mengandalkan pilihan ini. Untuk masalah harga sangat murah dan tentunya nilai rekomendasi gizi yang dianjurkan sudah bisa anda dapatkan. Untuk jenis telur ini bisa bebas bisa dari telur ayam atau bebek. Memang sebagian pendaki tidak menyukai aroma bau amis dari telur tapi dapat anda siasati dengan tambahan garam dan lada halus untuk mempertinggi rasa dan mengurangi aroma amis dari telur. Untuk tahu dan tempe hampir seluruh pendaki menyukainya dan dapat diwujudkan dalam menu goreng tahu atau tempe. Jika anda menyukai cabe rawit juga dapat ditambahkan agar rasanya menjadi lebih terasa gurih dan enaknya.

Untuk jenis makanan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisonal, sebelum anda mempersiapkan seluruh perlengkapan dan lainnya pastikan seluruh jenis makanan yang direkomendasikan ini telah dilengkapi oleh tim konsumsi. Persiapan tentu sudah pasti membutuhkan waktu, bahkan ada beberapa rute perjalanan para pendaki harus bermalam terlebih dahulu disekitar posko karena masalah akses jalan dan transportasi. Pada saat inilah anda bisa mempersiapkan seluruh bekal penting selama perjalanan nanti terutama makanan sehat menyehatkan tidak mahal dan harganya sangat terjangkau ini. Semoga bermanfaat dan semoga pendakian ini menjadi misi perjalanan seorang pencinta alam yang ingin menaklukan jiwa egois dan ingin menyatu dengan alam seutuhnya.

PENTING! selama anda melakukan perjalanan mendaki gunung jangan pernah membuang sampah di perjalanan, shelter, atau saat berkemah di sekitar puncak gunung. Bawa kembali sampah yang telah anda buat ke bawah untuk menjaga kebersihan hutan, treking, hingga puncak gunung. Seorang pendaki yang bermartabat dan mempunyai pengetahuan baik serta terpelajar akan memperhatikan hal ini. Semoga ketua tim yang menjadi komando para teman semua untuk selalu briefing sebelum berangkat bahwa sampah tidak boleh dibuang sembarangan tempat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.