Langsung ke konten utama

Tips Mudah Dari Traveler Yang Doyan Traveling Bagaimana Cara Menghentikan Dan Meminimalisir Kehilangan Barang Bawaan

Dengan banyaknya kehilangan dan kerusakan barang dari para taveler yang telah melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara menjelma sebuah fenomena yang harus diketahui bahwa pada kenyataanya hampir dua juta tas yang telah rusak, terlambat datang, hingga rusak telah dirasakan oleh para turis berdasarkan data dai The Larges US Airline dari Departemen of Transportastion. Dari kasus yang terjadi telah banyak airline yang mempunyai reputasi baik memberikan solusi untuk menghadirkan kembali semua tas dari para traveler sampai ke alamat tujuan. Apapun solusi yang telah dilakukan maka kita sebagai traveler yang akan melakukan perjalanan ke seluruh tujuan di dunia ini harus ada pengetahuan yang cukup agar barang yang kita bawa nanti bisa terbebas dari masalah yang sangat klasik terjadi yaitu kehilangan, rusak, terlambat datang, hingga salah barang. 

Berikut tips dari traveler yang doyan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara sangat smart dan inspiratif bagi kita semua karena pengalaman mereka bisa meminimalisir fenomena yang tidak nyaman ini, berikut penjelasannya:

#1. Pastikan anda telah mendapatkan informasi dari pihak ground staff bandara dimana lokasi tempat pengambilan barang dari pesawat yang telah anda tumpangi. Untuk saat sekarang ini lebih mudah yaitu melihat di layar monitor yang ada tulisan nomer penerbangan pesawat yang telah mendarat. Di lokasi inilah tempat pengambilan barang anda baik berupa koper atau tas yang telah masuk di konter bandara waktu keberangkatan tadi. Semua barang yang dibawa oleh pesawat ini sudah pasti dari penumpang yang sama dengan anda. Jadi pastikan lokasinya tepat dan benar saat anda menanti barang bawaan dari ban berjalanan yang ada di bandara tujuan. 



#2. Harus memberikan inisial atau kode tertentu berupa ID atau informasi penting lainnya terhadap barang seperti koper atau tas yang anda bawa. Saat memasukan barang ke konter check in sudah tentu pasti barang yang akan anda masukan telah dilakukan pengecekan pada mesin x-ray dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sudah tentu pasti saat proses check in di konter airline di bandara barang yang anda miliki ini akan dilakukan verifikasi data tiket, bersamaan dengan check in ini penumpang untuk mendapatkan boarding pass, dan petugas airline akan memberikan kode scan barang secara online sebagai identitas resmi barang yang akan anda masukan ke bagase pesawat. Sebaiknya anda juga memberikan kode ID tertentu terhadap barang tersebut supaya tidak tertukar dengan koper yang sama saat mengambil barang di bandara tujuan.

#3. Saat setelah landing sudah tentu pasti anda akan menuju ke lokasi tempat pengambilan barang, anda akan melakukan verifikasi data lagi dengan mendapatkan potongan scan barang dari konter check in, akan diperiksa oleh petugas untuk mencocokan apakah barang yang anda bawa memang sesuai dengan data saat akan keluar. Dan untuk memudahkan pengambilan barang anda yang telah memberikan inisial tambahan akan terlihat lebih cepat mengenali barang tersebut untuk segera dibawa kembali.

Poto oleh: shortlist.com

#4. Untuk memberikan otentik bukti memang saat sekarang ini banyak traveler yang dokumentasikan barang bawaan mereka baik poto atau vidio yang dijepret dari hp smartphone mereka. Ternyata berguna sekali saat barang yang anda masukan ke bagase pesawat hilang, tertukar, bahkan delay untuk sampai ke bandara tujuan. Dengan tambahan record seperti ini saat mengajukan claim ke pihak terkait ternyata bukti otentik ini sangat powerful sekali membuktikan bahwa koper atau tas yang hilang ini dapat memberikan bukti gambar tidak hanya berita acara dengan kata-kata saja. Apabila sudah ditemukan dan kembali kepada anda, jika terjadi kerusakan bukti ini dapat diajukan sebagai gambar yang menjelaskan saat sebelum dan sesudah apabila terjadi kerusakan dapat mengajukan ganti rugi.

#5. Pastikan barang bawaan seperti tas dan koper yang masih ada terdapat 
tali penyangkut atau alat yang tambahan rusak seperti handle angkat koper yang lepas tidak bisa dipakai lagi. Karena kemungkinan beberapa barang yang membuat terhambat sampai ke lokasi pengambilan barang karena tersangkut saat bongkar murat bisa saja terjadi. Anda harus tetap melihat fenomena ini agar barang yang nempel pada koper atau tas yang kemungkinan akan memberikan efek hambatan saat barang di serahkan harus di lepas bahkan dibuang.

#6. Memang benar anda sampai di bandara lebih cepat untuk keberangkatan domestik 2 jam sebelum waktu boarding dan internasional sekitar 3 jam. Karena apa, memberikan waktu cukup agar selama perjalanan masih dalam suasana nyaman dan antisipasi kemacetan yang tidak dapat diduga. Sebaiknya anda melakukan check in di konter airline sekitar 30-40 menit sebelum berangkat. Karena waktu ini sangat terbaik untuk memasukan koper atau tas ke bagase pesawat dan sekalian final check in. Dan posisi letak barang anda sudah berada di posisi 3/4 total barang di pesawat sehingga saat dikeluarkan tas anda sudah berada paling depan sehingga saat pengambilan lebih cepat saan anda berada di lokas ban berjalan bandara.

#7. Sebaiknya anda melakukan sendiri untuk pengambilan barang karena lebih memberikan kenyakinan dan langsung mengenal koper atau tas yang anda bawa. Apabila ada menggunakan porter barang di bandara tertentu pastikan anda mendampingi agar tidak terjadi kesalahan pengambilan barang karena saat barang mulai diserahkan sudah pasti ada kemiripan barang yang dibawa oleh penumpang lainnya.

#8. Lebih baik pesona bentuk tas atau koper anda berbeda dengan yang lainnya, mungkin anda menambahkan plastic wrap yang biasanya ada petugas ada disekitar di pintu masuk check in. Pemberikan plastik wrap ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan perlindungan saat anda melakukan penerbangan jauh jauh, anda tertidur pulas tas atau koper yang anda bawa ke tempat penyimpanan bagase atas dapat memberikan solusi keamanan. Tidak hanya itu saja, saat plastik wrap yang diberikan pada tas atau koper di bagase bawah pesawat memberikan bentuk lain berbeda dengan penumpang lainnya. Koper anda yang mempunyai perbedaan sendiri lebih mudah dikenali saat pengambilan barang.

TIPS: apabila keseluruhan tahap ini masih juga terjadi kehilangan, terjadi keterlambatan, kerusakan, hingga tercuri maka anda segera melakukan penyampaian claim kepara petugas yang ada dibandara khususnya airline yang membawa anda. Kemungkinan terjadi bisa saja terjatuh saat proses bongkar muat, tertinggal di dalam pesawat saat proses perpindahan, tertukar oleh penumpang lain, atau tercuri oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.