Langsung ke konten utama

Waspada Penyebab Petugas Imigrasi Curiga Para Turis Saat Pemeriksaan Paspor

Tidak dapat diprediksi kapan waktunya terkadang petugas imigrasi mempunyai rasa curiga kepada turis saat pemeriksaan paspor memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi rekan semua. Waspada terhadap semua hal yang harus diperhatikan agar petugas yakin bahwa anda tidak tersangkut dengan masalah apalagi saat terjadi random check semua turis harus bersiap diri satu per satu di antrian. Penyebab petugas imigrasi curiga ini sudah tentu pasti ada alasannya yaitu adanya instuksi dari berbagai departemen mencari seseorang yang masuk dalam target interpol hingga tenaga kerja asing ilegal. Seperti negara yang tujuan tenaga kerja asing Malaysia, Singapore, Jepang, Korea, Taiwan, dan seterusnya.

Kejadian di imigrasi ini memang sangat layak untuk disimak dan pengalaman kami memasuki pintu pemeriksaan ini tentu mempunyai fenomena tersendiri. Pada saat pemeriksaan ini tentu bersamaan dengan anda sedang traveling sebagai turis masuk dalam pemeriksaan ada beberapa negara yang mempunyai konsep pemeriksaan seperti ini untuk antisipasi keamanan negara dari berbagai peluang yang akan terjadi seperti tenaga kerja asing, buruan interpol, dan lain sebagainya. Nah, apabila anda masuk dalam pemeriksaan seperti ini tentu akan terjadi pemeriksaan panjang di gate imigrasi ini ada hal yang penting untuk diperhatikan dan menjadi perhatian penuh:

#1. Sebaiknya Anda Jangan Pernah Adu Argumen.
Poto credit: thenational.ae

Saat pemerksaan ketat sekali di gate checking point sebaiknya anda seorang turis jangan pernah melakukan adu argumen kepada petugas yang pastinya sedang menjalankan tugas yang penuh dengan tasking pengecekan hingga curiga setiap pemeriksaan. Semakin anda keras dengan tidak beralasan pastinya petugas imigrasi bertambah curiga dan anda akan dilakukan pemeriksaan berlapis bahkan sampai masuk ke ruangan interogasi yang akan membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan berhari-hari.

Tentu hal seperti ini tidak akan pernah akan lakukan yang akan mengakibatkan rencana perjalanan anda menjadi berantakan. Apabila petugas melakukan pertanyaan jawablah dengan sangat dan pastinya petugas akan cepat stempel paspor dan anda segera melanjutkan perjalanan berikutnya.

#2. Jangan Panik, Percaya Diri, Tetap Fokus.
Poto credit: telegraph.co.uk

Memang benar adanya saat gestur tubuh anda tidak panik, percaya diri, dan fokus akan memberikan sebuah fenomena petugas imigrasi akan percaya kepada anda dan segera cap paspor saat anda diperiksa. Memang untuk penilaian ini selalu berhubungan dengan insting terhadap seorang pemeriksa dimana objek yang dia liat tidak memberikan hal yang mencurigakan maka akan memberikan sebuah kenyakinan untuk dipercepat dan target pemeriksaan menjadi sedikit dipermudah. Jadi, saat anda sudah masuk antrian dan akan diperiksa tetap percaya diri apabila anda sebagai turis yang memang datang untuk berlibur tidak ada niat lain maka pemeriksaan tidak terlalu ketat kedatangan anda di negara tujuan ini.

#3. Hindari Aksesoris Berlebihan Saat Pemeriksaan.
Poto credit: travelandleisure.com

Jika melihat turis menggunakan aksesoris yang sangat berlebihan akan memberikan rasa curiga yang cukup tinggi karena akan menjadi target pemeriksaan petugas imigrasi. Nyentrik seperti ini tentu tidak biasa ini tentu memberikan pertanyaan kenapa berperilaku seperti ini. Pemeriksaan yang dilakukan petugas lebih cepat sudah tentu pasti turis yang berpakaian biasa dan sopan tidak memakai aksesoris apapun. Boleh saja pakai aksesoris hanya standar saja, tidak seperti toko emas berjalanan tentu akan menjadi target pemeriksaan petugas. Jika anda menggunakan ear phone hingga fashion seperti topi dan syal saat anda masuk dalam pemeriksaan sebaiknya dibuka sehingga proses pemeriksaan paspor menjadi lebih baik dan cepat.

Baca juga:

#4. Semua Dokumen Perjalanan Lengkap Bersama Anda.
Poto credit: nearsay.com

Saat pemeriksaan ketak oleh petugas imigrasi negara tujuan telah dipastikan akan bertanya seputar dokumen perjalanan, apakah turis yang datang berlibur ke negara mereka telah mengikuti seluruh prosedur yang telah ditetapkan. Pastinya salah satunya adalah dokumen arrival carad dan departure card yang akan dibagikan oleh pramugari sebelum pesawat landing. Kartu ini harus anda isi selengkapnya dengan huruf balok yang mudah dibaca dan jangan ada corat-coret. Informasi yang ada sampaikan di dalam kartu ini harus benar dan jangan pernah berbohong, karena saat terjadi pemeriksaan ketat dan anda berdusta maka petugas imigrasi akan curiga dengan anda dan akan menjadikan dunia perjalanan menjadi mimpi buruk yang tak akan terlupakan.

#5. Waspada Random Checking Ada Setiap Saat.
Poto credit: videoblocks.com

Untuk meningkatkan keamanan pemeriksaan dan pastinya menjaga keamanan suatu negara maka ada kalanya petugas imigrasi akan melakukan random checking terhadap pemeriksaan mereka kepada seluruh turis yang masuk dengan pengawasan pemeriksaan yang sangat ketat. Bahkan untuk pemeriksaan ini butuh waktu beberapa menit agar prosedur yang mereka terapkan ini untuk mencari "seseorang" yang dicurigai dari hasil investagasi suatu negara hingga buruan dari interpol. Jadi, saat anda memasuki random checking ini tetap percaya diri dan pastinya seluruh dokumen perjalanan yang anda bawa disiapkan termasuk informasi yang melekat di dokumen tersebut harus sama saat anda lafazkan kepada petugas. Sebagai turis yang smart dan cerdas walaupun sekarang ini sudah ada notifikasi pada email tetapi sebaiknya diprint untuk menjaga percaya diri saat berada di zona checking di imigrasi.

Baca juga:
Waspada Random Checking Petugas Imigrasi Negara Saat Traveling

#6. Barang Bawaan Tidak Mencurigakan.
Poto credit: thelocal.de

Traveling ke negara tujuan pastinya anda melakukan perjalanan liburan bukan untuk pindah rumah. Barang bawaan disesuaikan lama waktu berlibr di negara tujuan dan pastinya cukup untuk dipakai selama anda disana. Apabila barang anda berlebih saat tentengan masuk ke imigrasi pastinya petugas akan menaruh curiga dan pemeriksaan berlapis dapat juga terjadi saat anda masuk dipintu checking point. Jadi, untuk menghindari kecurigaan petugas yang harus anda waspadai adalah barang bawaan harus anda perhatikan. Pilih barang bawaan yang paling sering digunakan seperti jeans, t-shirt, dan lain sebagainya sesuai dengan lama anda traveling.

Apabila anda traveling sekitar 3-4 hari tentu tidak mungkin anda membawa tas besar masuk ke cabin penumpang. Tas ransel backpack ukuran medium saja sudah cukup, sehingga zona ama anda saat pemeriksaan dapat terukur cepat dan paspor segera di cap oleh petugas.

#7. Hati-Hati Orang Asing Sikap Baik Saat Landing.
Poto credit: consumerreports.org

Anda tetap waspada dengan orang asing yang tiba-tiba baik saat memasuki ruangan pemeriksaan imigrasi. Bukan berfikir buruk tetapi anda tetap menjaga jarak terhadap mereka karena antisipasi adanya attitude buruk yang tidak diketahui saat pemeriksaan nanti. Memang hal ini sangat jarang terjadi tetapi sebagai turis yang sangat cerdas harus waspada dengan orang asing yang tidak anda kenal, mereka baik ternyata dia yang dicari oleh petugas saat pemeriksaan nanti. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.