Langsung ke konten utama

Peternakan Sapi Padang Mengatas-Mangateh Payakumbuh

Peternakan Sapi Padang Mangateh {Mengatas} Payakumbuh berlokasi di Jl Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat di dekat Gunung Sago yang bersebelahan dengan susunan bukit barisan. Lokasi berjarak sekitar 8 km dari kota Payakumbuh ini mempunyai kemiringan sekitar 30 derajat. Padang Mangateh digunakan oleh Kementerian Pertanian sebagai tempat penelitian serta peternakan sapi nasional atau disebut dengan BPTU-HPT . Dapat dikatakan area ini terluas di Asia Tenggara dalam kategori tempat peternakan sapi.

Padang Mangateh Berlatar Gunung Sago. Photo by : http://sumurgodang.blogspot.com/


Sebagai tempat peternakan sapi juga digunakan tempat meneliti dan belajar bagi semua pihak yang ingin mengetahui dunia ternak termasuk bagaimana cara pengembangan peternakan secara baik dan benar. Dari segi geografi lokasi sangat mendukung dengan lahan sekitar 280 ha ini hampir keseluruhan ditutupi padang rumput hijau sebagai pakan utama ternak yang ada di lokasi ini. 

Padang Mangateh-Mangatas Payakumbuh board. Poto by:  http://https://jelajahsumbar.wordpress.com/



Sejarah Padang Mangateh-Mengatas Payakumbuh.

Lokasi ini didirikan pertama kali pada zaman Hindia Belanda pada tahun 1916. Awal mulanya tempat ini digunakan sebagai tempat pengembangbiakan kuda. Pada tahun 1935, Belanda mencoba mendatangkan sapi unggulan dari negara India untuk diuji coba sebagai bibit untuk pengembangbiakan sapi, tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Lokasi peternakan ini mempunyai pasang-surut sejarah yang cukup tinggi. Bahkan dapat dikatakan tidak ada kegiatan sama sekali setelah tahun 1935, Padang Mangateh-Mengatas hampir saja ditutup secara total. Namun setelah Indonesia merdeka pada tahun 1950, anak Minangkabau DR. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Indonesia pada waktu itu melakukan pemugaran sehingga terbentuklah Sentra Peternakan yang dikelola oleh Pemerintah dengan nama ITT {Induk Taman Ternak}

Pada zaman Presiden Soeharto menjadikan lokasi ini sebagai salah satu tempat pembibitan sapi potong untuk kebutuhan masyarakat lokal. Sampai sekarang masih menjadi lokasi ternak sapi untuk pembibitan dan pengembangbiakan.

Bagaimana cara kesana.

Apabila kita tempuh dari kota Padang sebagai Ibukota Provinsi, perjalanan ini akan menempuh jarak sekitar 200 km atau membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Jika dari kota Payakubuh menempuh jarak sekitar 8 km atau sekitar 30 menit perjalanan.

Apabila anda dari kota Payakumbuh menuju Padang Mangateh-Mengatas menuju arah ke Sijunjung dengan patokan Tugu Adipura yang terletak di Jl Soekarno-Hatta. Perjalan ini akan melewati jembatan ratapan ibu yang berada di Jl Ahmad Yani. Setelah melewati Lubuak Silang menuju lokasi Padangan Mangateh sekitar 8 km. Anda akan menemukan gerbang masuk ke lokasi yang dijaga oleh sekuriti yang siap membantu anda.

Fasilitas yang ada di Padang Mangateh-Mangatas Payakumbuh.

Lokasi ini juga terdapat penginapan yang disewakan kepada pengunjung baik secara pribadi-keluarga atau rombongan. Anda bisa memilih lokasi penginapan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan. Memang bukan hotel bintang lima, tetapi saya rasa cukup layak untuk menikmati alam Padang Mangateh-Mengatas Payakumbuh dengan melihat peternakan sapi ini sebagai lokasi liburan baru di kota Payakumbuh.

Kegiatan apa saja yang bisa anda nikmati di lokasi ini.

Sebagai lokasi tempat wisata hijau dengan hamparan padang rumput yang sangat luas sebagai daya tarik utama lokasi ini, sebagian orang mengatakan New-Zealand nya Indonesia. Dengan banyaknya sapi berkeliaran bebas menambah daya magis yang sangat unik untuk menikmati lokasi ini sebagai tempat wisata dan edukasi bagi putra-puti. Anda juga bisa melihat sunrise pada padi hari dibalik Gunung Sago, menikmati alam padang rumput hijau dengan berjalan kaki untuk melihat keindahan Padang Mangateh-Mengatas Payakumbuh secara keseluruhan.


Sapi bebas berkeliaran di Padang Mengatas-Mangateh Payakumbuh. Photo by : http://bptupadangmengatas.com/


Spot Padang Mengatas-Mangateh Payakumbuh. Photo by : Clara Agustin - Google+

Biaya-biaya.

Sebagai lokasi edukasi, tempat ini tidak dipungut biaya untuk pengunjung. Anda juga bisa mendapat pelatihan di lokasi ini dengan melakukan pendaftaran secara online di bptupadangmengatas. Ikuti semua persyaratan yang ada di website ini bagi yang berminat untuk mengikuti edukasi dalam peternakan sapi.

Tips mengunjungi Padang Mangateh-Mengatas Payakumbuh.

1. Selalu menjaga kebersihan di lokasi Padang Mengatas-Mangateh Payakumbuh untuk tetap membuang sampah pada tempatnya. Kebiasan buruk membuang sampah sembarang tempat merupakan sifat yang tidak terpelajar. Attitude inilah yang akan merusak lingkungan lokasi peternakan yang sangat elok ini akan memperburuk kesehatan sapi yang akan memakan sampah secara tidak sengaja. Beberapa waktu kemaren ini lokasi ini sempat ditutup karena banyak sekali sampah yang bertebaran dilokasi ini dan memperburuk pemandangan. Jadi, apabila anda turut menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya lokasi ini pasti akan selalu dibuka oleh pengelola.

2. Apabila anda ingin mempelajari bagaimana cara berternak sapi yang baik dan benar, anda bisa belajar di tempat ini. Banyak sekali tenaga ahli yang akan membantu. Bisa datang secara langsung ke bagian administrasi proses untuk mengikuti pembelajaran ini.

3. Di lokasi ini tidak tersedia tempat makan dan minum, jadi anda harus mempersiapkan bekal yang cukup untuk sampai ke lokasi Padang Mangateh-Mangatas Payakumbuh ini.

4. Pada siang hari sinar matahari di lokasi ini sangat menyengat kulit, pastikan anda membawa sun-block atau payung untuk menghindari konsisi panas pada kulit.

5. Jangan lupa menunaikan solat fardhu jika waktu solat telah tiba. Syukurilah nikmat yang anda rasakan kepada Yang Maha Kuasa.

6. Selalu menjaga attitude berkunjung dengan sopan, lokasi ini bukan tempat pacaran ataupun perbuatan yang melanggar norma. Jadikan lokasi Padang Mangateh-Mengatas Payakumbuh ini sebagai tempat yang harus dijaga bersama-sama walaupun anda sebagai wisatawan. Belajar menghargai dan hindari vandalisme {sifat corat-coret sembarangan tempat} yang akan memperburuk situasi wisata yang sangat indah ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.