Langsung ke konten utama

Inilah Syarat Untuk Menjadi Seorang Pilot Pesawat Udara

Memang ingin menjadi seorang pilot harus mengetahui syarat jika anda tidak mengetahuinya sudah dipastikan tidak akan diterima masuk ke sekolah penerbangan. Standar yang mereka terbitkan cukup ketat dan dapat menghasilkan seorang pilot yang mampu mengikuti seluruh tugas dan tanggung jawab selama studi. Syarat secara umum rata-rata diterapkan oleh sekolah penerbangan yang ada di Indonesia dengan kriteria yang sudah baku bahkan sudah menjadi standar untuk masuk ke sekolah ini. Berikut syarat khusus untuk memasuki sekolah penerbangan untuk menjadi seorang pilot pesawat udara.

Poto oleh: intisari.grid.id

1. Biasanya untuk sekolah penerbangan negeri menerima lulusan SMU jurusan IPA, sedangkan untuk sekolah swasta mereka juga menerima lulusan SMU sederajat seperti SMK atau MTS.

2. Syarat minimum untuk ukuran kaki juga dilihat dimulai dari pangkal paha. Minimum ukuran yang disyaratkan 100 cm.

3. Harus mengikuti test kesehatan menyeluruh seperti organ mata, organ jantung, panca indra. Seluruh tes ini harus lulus, jika salah satunya tidak lulus biasanya akan gagal untuk tahap berikutnya.

3. Peserta harus lulus test bahasa Inggris. Hasil test ini cukup mutlak dan menentukan karena komunikasi di dunia penerbangan menggunakan Bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan. Apalagi anda memilih penerbangan komersial kudu butuh Bahasa Inggris sebagai ilustrasi study.

4. Cukup mempunyai pengetahuan umum dalam dunia penerbangan. Poin ini menentukan apakah calon siswa mempunyai pengetahuan dasar untuk memasuki sekolah penerbangan atau tidak.

5. Mempunyai kapabilitas dalam bidang ilmu matematika dan ilmu fisika. Kedua ilmu ini berhubungan dengan hitungan skala jarak untuk matematika dan ilmu fisika berhubungan dengan strategi untuk pesawat memasuki wilayah terbang.

6. Apabila kelima poin ini telah dinyatakan lulus secara tertulis maka dilanjutkan dengan test ketinggian atau altitude test pada saat terbang bersama instruktur. Dari semua sisi dilihat secara langsung termasuk respon motorik calon siswa disaat ketinggian dengan beberapa pesoalan yang harus dijawab oleh siswa.


Berikut beberapa poin penting yang harus diketahui oleh calon siswa penerbang yang ingin menjadi seorang pilot yang handal.

Apabila anda ingin menjadi seorang pilot atau penerbang harus mempunyai kemampuan yang tinggi. Tidak mudah mendapatkannya harus dengan usaha yang kuat dan tinggi, ditambah dengan biaya study yang cukup mahal untuk mendapatkan license sesuai dengan jenis pesawat yang akan dimiliki seperti private atau komersial. Apabila cita-cita ini sudah menjadi pekerjaan impian anda dimasa yang akan datang maka harus perhatikan beberapa poin penting yang perlu digarisbawahi oleh calon siswa.

1. Setelah anda menyelesaikan study SMU atau sederajat harus anda sesuaikan kemampuan yang dimiliki, apakah rencana pengambilan sekolah penerbangan PPL [Private Pilot License] atau CPL [Commercial Pilot License] telah sesuai dengan biaya yang dipersiapkan. Jika rasanya belum cukup, anda bisa mencoba sekolah penerbangan yang membebaskan biaya seperti di militer. Tetapi untuk mendapatkan sekolah penerbangan ini anda harus bersaing dengan ribuan pelamar untuk mendapatkan kesempatan ini. Seperti di STPI [Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia] di Curug Tangerang.

2. Berbeda dengan anda yang memiliki cost yang cukup memadai dapat memasuki sekolah penerbangan di luar negeri. Kenapa?. Alasannya, proses untuk masuk tidak serumit yang ada di dalam negeri. Jika anda sedang study disana dapat melakukan kerjaan tambahan seperti part time job untuk membantu biaya study disana.  

3. Anda mempunyai kesehatan fisik yang memadai dan mempunyai kekuatan ilmu matematika dan fisika untuk proses belajar di sekolah penerbangan. Kedua ilmu ini harus diselaraskan dengan kemampuan berbahasa Inggris yang memadaai baik lisan dan tulisan.

4. Untuk anda yang berkaca mata harus disesuaikan dengan persyaratan di masing-masing sekolah. Yang penting anda tidak buta warna yang cukup riskan bagi seorang pilot untuk proses sekolah bahkan serta lulus akan berpengaruh terhadap kinerja.

Memang perbedaan sekolah penerbangan di dalam negeri dan luar negeri adanya perbedaan dalam hal proses masuk. Perbedaan ini cukup dimaklumi karena di dalam negeri banyaknya peminat untuk memasuki sekolah ini, apalagi sekolah yang dikelola oleh pemerintah sangat antri. Apabila anda memiliki kemampuan cost yang cukup baik untuk bisa study di luar negeri sangat direkomendasikan. Jika anda ingin mengetahui daftar sekolah penerbangan sudah saya ulas di artikel terpisah [baca: link]. Baca setiap persyaratan di masing-masing sekolah supaya anda bisa memposisikan diri dimana akan memasuki sekolah pilot nanti.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.