Langsung ke konten utama

Tips Hemat Hidup Di Luar Negeri Ala Mahasiswa

Anda telah menetap hidup di luar negeri tentu mempunyai keterbatasan uang untuk membiayai keseluruhan biaya hidup selama sebulan. Hidup hemat ala mahasiswa ini harus diterapkan khusus untuk pelajar agar penggunaan uang yang sudah ditetapkan cukup bahkan ada sedikit simpanan untuk jaga-jaga jika ada pengeluaran mendadak atau urgent. Mau tau tips hidup hemat di luar negeri untuk pelajar atau mahasiswa yang mempunyai uang terbatas, ini penjelasannya.

Poto oleh: inovasee.com

1. Belanjalah secara mingguan.

Dengan belanja mingguan anda bisa memprediksikan berapa banyak kebutuhan makanan yang akan dimasak atau menu yang akan disiapkan. Jangan belanja harian akan terbiasa membeli bahan-bahan yang tidak diperlukan bahkan uang yang dikeluarkan malah lebih banyak. Biasanya di supermarket luar negeri ada hari tertentu mereka menyediakan produk unggulan dengan harga diskon atau potongan harga. Pada waktu ini anda bisa melakukan belanja dengan jangka waktu seminggu kedepan.

2. Catatan belanja.

Berapa banyak bahan makanan yang akan anda beli biasanya sudah hafal dan secara reflek bisa diucapkan. Tetapi jika sudah sampai ke supermarket bingung mau beli apa. Catat seluruh kebutuhan anda sebelum sampai ke supermarket supaya tidak terjadi kebingungan dan tentu beli kebutuhan penting untuk beberapa hari kedepan.

3. Prioritaskan barang yang akan dibeli.

Salah kaprah didalam diri seorang mahasiswa jika sudah masuk ke supermarket selalu ada. Barang yang tidak dipriotitaskan dibeli yang sangat butuh lupa. Kebiasaan ini sebenarnya banyak sekali terjadi dipengaruhi oleh rasa lapar mata yang ingin membeli semua akibatnya jumlah belanjaan jadi banyak bahkan menumpuk dilemari penyimpanan tidak terpakai basi ujung-ujungnya sudah expired.

4. Bahan dasar membuat menu makanan.

Bahan dasar ini sangat penting sekali untuk memuat beberapa menu variasi dari satu bahan menjadi beberapa makanan lezat. Seperti telur, tepung terigu, bumbu-bumbu, sayuran, tahu, tempe, dsb. Dari semua bahan dasar ini anda bisa membuat masakan lezat ala balado, tumisan, bahkan gorengan. Semua bahan dasar ini harus anda beli untuk menghemat pengeluaran untuk tidak jajan diluar. Untuk baladonya anda bisa menggunakan sambal botolan, ikan sarden, bahkan bon cabe sebagai tambahannya.


5. Anda harus bisa masak.

Harus bisa belajar masak untuk bertahan hidup di negeri orang. Sekarang sudah banyak tutorial masak yang menciptakan menu simple tidak banyak trik dan bahankan prosesnya sangat cepat. Apapun alasannya saya tidak bisa masak, bla-bla, ini-itu adalah rasa malas saja didalam diri. Anda harus bisa memasak minimal untuk diri sendiri. Jangan utamakan mie instant sebagai menu keseharian, ujung-ujungnya anda akan merasa cepat capek bahkan mudah sekali terserang penyakit. Buat menu masakan yang sehat dan menyehatkan.

6. Rangkum pengeluaran bulanan anda.

Selama sebulan harus anda rangkum dari struk belanja mingguan yang telah anda simpan. Anda bisa totalkan berapa jumlah uang yang telah anda keluarkan khusus untuk makanan. Dari catatan inilah anda mengetahui gaya hidup anda termasuk hemat atau boros. Dengan adanya sinyal positif dari angka ini mengingatkan kepada diri anda bahwa segini loh belanja anda sebulan. Jika kegiatan ini rutin anda lakukan bisa mengurangi kebiasaan hidup boros menjadi lebih hemat.

Ingin hidup hemat diluar negeri harus kudu dilakukan apalagi seorang pelajat atau mahasiswa yang mempunyai uang terbatas untuk hidup sebulan. Pemasukan hanya dari bea siswa atau kiriman dari Indonesia sebagai tambahan untuk hidup disana. Semoga tips ini bisa menjadi langkah awal untuk hidup hemat selama tinggal disana bahkan bisa menjadi pembelanjaran hidup. Hidup hemat harus dilakukan dimulai dari makanan dan gaya hidup.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah Maskapai Penerbangan Yang Ada di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten Indonesia

Tentu anda ingin mengetahui apa saja maskapai penerbangan yang ada di seluruh terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten. Penerbangan ini tentu dengan tujuan ke seluruh dunia dan lokal terutama kota besar terfavorit oleh penumpang dari Indonesia terutama di Bandara Soekarnao Hatta. Begitu pentingnya bandara internasional ini mereka membuka perwakilannya disana dengan staf yang cukup profesional. Bahkan ada maskapai penerbangan yang menyediakan mesin check-in sendiri di pintu masuk setelah scanning bagase. Nah, mau tahu maskapai lokal dan internasional yang membuka layanan penerbangan mereka dimulai dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten sebagai basis penumpang terbanyak di Indonesia, urutannya berdasarkan abjad.