Langsung ke konten utama

Resiko Bisnis Sewa Rental Mobil Serta Cara Jitu Atasi Permasalahannya

Setiap bisnis yang akan dilakukan sudah tentu pasti akan diiringi dengan resiko termasuk bisnis rental sewa mobil. Resiko yang mungkin timbul ada cara untuk mengatasi dengan jitu dan terbaik sehingga masalah yang ditakuti tersebut tentu bisa diminimalisir. Seorang pengusuha atau enterprenur harus tahan banting apapun rintangan yang akan dihadapi akan selalu berbesar hati untuk mengatasinya. Untuk sebuah manajemen resiko sebuah bisnis sewa rental mobil ini tujuannya untuk mengurangi resiko kerugiaan sekecil mungkin bahkan harus dihindari supaya aset yang dimiliki tidak hilang akibatnya perusahaan anda akan merugi.


Poto oleh: aytrips.com

Plesirankotatua berhasil melakukan beberapa pengamatan terhadap bisnis dari rekan sejawat yang tentu ingin membagi sharing pengalamannya dimulai dari struktur organisasi internal yang berkualitas serta profesional hingga faktor eksternal yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian yang dilakukan ini harus memperhatikan unsur pokok yang akan mempengaruhi bisnis rental mobil itu sendiri yang saling berkaitan sehingga kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang tetap terjamin.

Di artikel yang tertulis ini akan memberikan rincian resiko yang akan mungkin timbul dalam bisnis sewa kendaraan telah sudah dirasakan oleh pebisnis profesional yang bisa menjadi guru yang baik bagi rekan yang ingin membuka bisnis ini sebagai tulang punggung ekonomi, berikut penjelasannya.

PENTING! Teliti Oknum Konsumen Lari Dari Tanggung Jawab.
Semua konsumen adalah raja tetapi ada oknum konsumen yang ingin memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan mereka dengan lari dari tanggung jawab terhadap mobil rental sebagai target utama. Banyak sekali masalah yang ditimbulkan dari oknum yang tidak bertanggung-jawab ini dengan berbagai kasus yang ditemukan oleh rekan kami seperti:

a. Konsumen tidak mau membayar rental sewa kendaraan.
b. Melangggar kesepakatan perjanjian yang telah dibuat.
c. Kendaraan tidak diawasi keamanannya seperti ditinggal di sembarangan tempat.
d. Mobil rental hilang tercuri oleh pihak lain.
e. Kendaraan rental anda digunakan untuk tindak pidana atau kriminalitas.
f. Pelanggan anda merusak kendaraan seenaknya tanpa ada rasa memiliki.
g. Fasilitas mobil di catut atau di rusak bahkan diganti dengan spart part palsu.
h. Kendaran yang disewa terjadi kecelakaan lalu lintas.
i. dst.

Keseluruhan kasus ini tentu banyak dirasakan oleh rekan kita yang telah menekuni bisnis sewa kendaraan ini dari tahun ke tahun. Manisnya uang Rupiah tentu harus diiringi dengan kepahitan yang harus dihadapi terhadap resiko yang akan muncul. Pengalaman adalah guru yang baik sehingga terbentuklah cara untuk mengatasi itu semua dengan cara ampuh untuk meminimalisir kerugian dengan manajemen perusahaan yang baik sehingga tercipta good corporate governance oleh pebisnis ini. Berikut cara mengatasinya:

I. ADMINISTRASI LENGKAP DAN KOMPREHENSIF.
Bisnis yang terkonsep harus memiliki bagian administrasi yang mempunyai keahlian lengkap serta konsep komprehensif menyeluruh. Sistem administrasi hal yang sangat mutlak bahkan sangat menolong suatu lini bisnis atau organisasi menjadi profesional. Begitu juga dalam bisnis yang memberikan jasa sewa kendaraan seperti ini harus memiliki sebuah bagian yang menjalankan misinya untuk mendapatkan seluruh informasi yang lengkap dari calon konsumen akan melakukan sewa rental kendaraan dimulai dari KTP/SIM/Kart Keluarga, apabila perlu anda harus datang langsung ke lokasi rumah konsumen anda bertempat tinggal.

II. NETWORKING YANG TINGGI.
Bisnis ini merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang harus memiliki networking tingkat tinggi atau disebut dengan bisnis yang banyak teman dan  pertemanan. Anda tidak bisa berdiri sendiri dan harus ada partner bisnis lain yang bisa saling bekerjasama seperti sesama pengusaha rental mobil ataupun kolega lain yang ada dibeberapa instansi. Manfaatnya sangat besar sekali dengan tercipta komunitas dari bisnis sejenis sudah pasti anda memiliki informasi tambahan dari sesama pebisnis rental mobil konsumen yang membutuhkan jenis kendaraan tertentu yang ingin di sewa. Networking tidak selalu dengan sesama pengusaha anda juga harus memiliki networking ke pihak berwajib seperti Polri serta TNI AD.

III. INVESTIGASI CALON PELANGGAN SEWA KENDARAAN.
Sebelum meneria pelanggan anda harus meneliti latar belakang pelanggan. Dengan canggihnya teknologi IT sekarang ini perusahaan anda juga telah bisa melakukan sistem sewa mobil dengan sistem online dangn platfor booking. Sistem online dan offline harus disatukan agar anda mendapatkan informasi yang akurat serta mengetahui konsumen anda dengan konsep "know your costumer" harus tetap berlanjut. Anda bisa melakukan wawancara dengan konsumen secara langsung, tujuan menyewa, serta pertanyaan yang mungkin bisa menjebak konsumen setelah ada sesi interview beberapa saat. Karena dengan melihat langsung konsumen anda ada insting tertentu apakah anda layak memberikan kunci mobil kepada konsumen ini atau tidak. Biasanya, dengan interview seperti ini bagi anda pemilik rental sudah pasti mengetahui konsumen yang benar-benar sebagai penyewa atau oknum. Harus berhati-hati menyikapi paling utama keputusan terakhir memang harus dari owner sendiri untuk menentukan konsumen rental mobil anda ini.

IV. UPDATE TEKNOLOGI KEAMANAN TERHADAP MOBIL.
Kecanggilan penemuan teknologi keamanan mobil telah tercipta yaitu sistem keamanan yang akan ditanamam pada mobil. Sistem keamanan ini sebagai chip yang bisa terkoneksi dengan internet untuk melacak di mana lokasi aset kendaraan anda berada. Untuk harga pasar sekarang ini dimulai dari harga IDR2jt - IDR3jt per satu unit. Dari segi harga memang cukup mahal apalagi anda memiliki kendaraan sewa lebih dari 10 unit berarti telah keluar biaya sebesar IDR20jt untuk teknologi keamanan mobil. Lebih baik anda mempersiapkan teknologi lacak ini daripada aset anda hilang lebih dari IDR 1M. Sistem keamanan ini bisa terkoneksi dengan jaringan internet 24 jam penuh, jadi anda bisa melakukan monitoring seluruh aset mobil anda.

V. KETAT DALAM MEMILIH KONSUMEN.
Tahap ini banyak dimulai dari salah memilih konsumen. Resiko bisnis rental mobil kurang ketatnya memilih konsumen yang tepat serta jujur dalam kerjasama. Kadang syarat-syarat pokok terlewatkan dengan masuknya uang sewa. Anda sebagai pemilik kendaraan jangan pernah salah pilih konsumen harus ketat dalam menentukan konsumen agar mobil rental yang tersedia tidak dibawa kabur oleh pelanggan. Ketat dalam hal syarat yang harus dilengkapi tetapi jangan terlalu ribet pula serta merepotkan konsumen . Tetap bijak pilih dan pilah mana yang paling utama.

VI. LAYANAN KONSUMEN.
Anda harus terkoneksi dengan layanan konsumen setiap saat. Sevice ini digunakan untuk konsumen yang telah melakukan sewa rental mobil dari perusahaan anda harus bisa terhubung jika butuh layanan lain apabila keadaan mobil yang anda sediakan mengalami kerusakan saat berada di perjalanan. Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan memang harus membuka sebuah jalur khusus seperti WhatsApp yang bisa ada bentuk. Layanan ini sudah pasti akan meningkatkan performa perusahaan jasa anda yang selalu siap membantu 24 jam penuh.

Baca juga:

Komentar

  1. HG MULTI TRANS merupakan jasa rental mobil tebaik di pontianak, menjadi pilihan utama ketika anda berkunjung di pontianak dan sekitarnya. kami memberikan solusi ketika anda butuh kendaraan saat anda berkunjung di kalimantan barat. Sewa mobil pontianak

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.