Langsung ke konten utama

Tips Simpel Mudah Membuat Perjalanan Traveling Anda Sangat Tenang Aman Menyenangkan Mulai Berangkat Sampai Naik Pesawat

Membuat perjalanan traveling tidak stres sudah tentu pasti seorang traveler mempersiapkan seluruh rencana trip liburan ini harus tertata baik dengan perencanaan dana budget yang telah dibuat sesuai dengan peruntukannya. Hal yang paling penting adalah perjalanan ini memang keinginan anda sudah sekian lama impiannya, harus bebas dari stres, biaya paling minimal sesuai dengan keinginan. Dengan persiapan yang sangat matang dan rinci ini membuat kaki melangkah menjadi lebih tenang dan ringan tanpa ada rasa grogi, baper, atau kebingungan saat mulai menginjakan kaki di bandara. Rencana yang terencana matang membuat tema perjalanan tetap sesuai dengan jadwal sehingga proses berangkat dari rumah sudah mampu menghadapi rintangan yang sudah sangat umum adalah bangun pagi, kemacetan, hingga membawa seluruh barang bawaan.

Poto oleh: trazy.com

Tetapi ada beberapa tips lainnya yang harus menjadi perhatian anda agar perjalanan traveling untuk pergi liburan kali ini lebih aman tenang serta sangat menyenangkan. Simak tips tambahan yang sangat mudah ini yang bisa menjadi proses anda untuk mewujudkan cita-cita ini menjadi lebih baik dan sesuai dengan keinginan serta terjadwal.

SAAT AKAN MENINGGALKAN RUMAH.
Ada beberapa hal yang telah anda persiapkan seluruh proses keberangkatan liburan saat anda akan meninggalkan rumah:

#1. Telah melakukan konfirmasi tiket perjalanan anda berupa check in online melalui smartphone atau laptop yang telah ada notifikasi melalui e-mail atau text SMS.
#2. Konfirmasi ulang dengan melakukan cek kembali minimal 48 jam terakhir apakah ada perubahan jadwal berangkat, karena ada situasi tertentu ada penerbangan ditunda karena alasan cuaca dan lainnya. Apabila anda perubahan jadwal keberangkatan pesawat anda telah mendapatkan notifikasi langsung dari airline.
#3. Seluruh barang bawaan telah di paking sempurna dan dimasukan ke dalam koper atau ransel backpack. Dan tidak ada tambahan lagi saat keberangkatan. Dan hanya koper atau ransel yang telah rapi siap dibawa telah anda letakan di ruangan tengah.
#4. Sudah tidak ada lagi proses pemesanan atau pembayaran biaya rutin rumah seperti listrik, telepon, langganan koran atau majalah, pembayaran security keamanan, dan lainnya. Jika ada lupa pembayaran ini tentu akan memberikan efek kurang nyaman saat anda melakukan perjalanan liburan.

Jika waktu keberangkatan anda masih ada jeda waktu tertentu saat anda kembali dari liburan masih dapat dilakukan extend pembayaran kepada pihak ketiga pastikan anda telah memberiktahukan agar seluruh aktifitas yang berhubungan dengan perjanjian dapat diselesaikan pada saat anda telah kembali pulang dari liburan. Khususnya pengiriman barang, brosur, dan lainnya juga anda sampaikan ke pihak terkait selama perjalanan liburan dapat di skip sementara untuk delivery ke alamat rumah.



#5. Apabila ada hubungan dengan pihak perbankan pastikan anda memberitahukan kepada staf disana bahwa anda sedang berada dalam suasana traveling dan pastikan jika ada aktifitas transaksi yang menggunan kartu dapat memberikan kemudahan dalam proses transaksi, jika perlu ada konfirmasi ulang jika terjadi transaksi dengan jumlah besar untuk proteksi keamanan penggunaan. Terkadang kebijakan dari perbankan akan memberikan semacam alert atau peringatan kepada nasabah mereka jika terjadi transaksi yang tidak biasanya maka akan ada notifitasi by phone atau notifikasi via text SMS untuk memberikan kenyakinan bahwa transaksi tersebut valid adanya.

#6. Apabila anda berkemungkinan untuk membawa barang berharga seperti kamera, laptop, dan lainnya sudah diletakan di tas bacpack khusus yang dibawa langsung ke kabin oenumpang tidak diletakan di bagase bawah pesawat. Pastikan tas backpack khusus ini telah posisi terkunci dengan tambahan gembok khusus jika dibutuhkan. Khusus untuk barang berharga ini selalu ditempatkan pada tas khusus agar mudah dikontrol secara langsung.

#7. Apabila anda mempunyai kecenderungan sedikit lupa atau butuh tambahan informasi tentang penerbangan siapkan buku notes kecil dan pena yang bisa anda bawa bersama tas backpack untuk mencatat beberapa info penting penerbangan. Terkadang ketersedian baterai hp smartphone tidak tersedia cukup menyebabkan tidak bisa nyala maka anda dapat menggunakan catatan khusus ini untuk melengkapi informasi penerbangan anda.

#8. Untuk memberikan pembeda terhadap koper atau ransel anda sudah ditambahkan beberapa tanda khusus seperti pin ataupun warna khusus agar  kepemilikan barang ini memang anda yang punya. Saat terjadi tertukarnya barang sudah banyak terjadi di atas pesawat, semua mirip bahkan bentuknya sama. Jadi anda yang harus memberikan sebuah penanda terhadap kepemilikan ini agar kenyamanan perjalanan tetap bersama anda.

#9. Memberikan informasi penting terhadap kepemilikan barang bawaan, bahkan ada traveler yang menuliskan nama di label kopel sebagai penanda dan membubuhi informasi lengkap di dalam koper. Alasannya apabila koper anda ditemukan oleh pihak lain dan terbongkar oleh pihak penerbangan makan dapat langsung menghubungi anda sesuai dengan informasi yang tertera.

#10. Khusus tas backpack yang anda bawa ke kabin pesawat penumpang pastikan berat yang direkomendasikan oleh airline telah anda taati. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menerapkan batas maksimal barang yang dapat dibawa oleh per penumpang sudah menjadi kewajiban, jika tidak sesuai terpaksa barang yang anda bawa dimasukan ke bagase penyimpanan barang di dalam bagase pesawat.

SAAT SAMPAI DI BANDARA.
Rencana sampai di bandara untuk proses keberangkatan sebaiknya anda datang dua jam sebelum keberangkatan khusus untuk penerbangan domestik dan tiga jam untuk penerbangan internasional. Sebagai cara untuk menghindari hal yang mungkin saja terjadi seperti kemacetan diperjalanan, penuh saat memasuki bandara, atau tempat parkir penuh saat anda membawa kendaraan untuk parkir inap. Bagi anda anda menggunakan kendaraan umum pastikan waktu cukup saat berangkat dari rumah ke bandara waktu yang cukup sehingga permasalahan klasik kemacetan bisa anda atasi dengan berangkat lebih awal.

#11. Setelah sampai di bandara pastikan anda menuju ke konter check in kembali walau anda telah melakukan check ini secara online. Saat lapor ke petugas anda mendapatkan boarding pass, jika anda tidak memiliki bagasi hanya backpack saja tentu proses lebih cepat. Waktu jeda yang masih cukup sebaiknya anda langsung menuju ke gate keberangkatan pesawat dan pastikan sesuai dengan tulisan yang ada di boarding pass.

IDENTIFIKASI PENGECEKAN ID DAN PEMERIKSAAN.
Pengecekan ID tentu akan dilakukan seperti saat anda melakukan check in kembali di konter airline. Tidak hanya itu saja, pengecekan juga dilakukan saat anda memasuki ruang tunggu dan adanya scanning x-ray barang kembali dan petugas saat memasuki ruang tunggu keberangkatan domestik. Khusus keberangkatan luar negeri proses pengecekan dokumen pasport juga dilakukan saat memasuki ruang tunggu. Jangan lupa anda melengkapi dokumen pengisian atau formulir imigrasi saat memasuki giliran pengecekan. Semua informasi yang anda tulis harus sesuai dan jujur saat berhadapan dengan petugas Imigrasi. 

PERHATIAN SAAT MEMASUKI RADAR SECURITY BANDARA.
Tidak semua barang bawaan anda boleh masuk ke dalam pesawat, ada beberapa barang yang dilarang dan akan terdeteksi pada mesin x-ray dan metal detector. Ada perhatian yang harus anda ikuti prosedurnya:

#12. Harus melepaskan barang logam, perhiasan, dan lainnya yang harus dipisahkan seperti gesper ikat pinggang di kontainer yang telah disediakan oleh petugas.

#13. Untuk gadget barang elektronik dan perangkat listrik lainnya juga harus masuk dalam mesin x-ray. Jadi pastikan barang penting ini sudah dimasukan ke tas khusus agar proses pemeriksaan menjadi lebih mudah.

#14. Barang yang mengandung cairan yang berbahaya dilarang masuk kedalam pesawat, benda tajam, dan sejenisnya. Jika anda membawanya maka petugas akan menyuruh anda untuk mengeluarkan dan harus tinggal di security check in barang. Khusus untuk penerbangan luar negeri pemeriksaan lebih ketat.

MEMASUKI AREA RUANGAN TUNGGU PENUMPANG.
Setelah anda melewati seluruh tahap pemeriksaan yang ada dibandara saatnya anda memasuki area ruang tunggu penumpang, ada beberapa hal yang harus menjadi atensi anda saat berada di ruangan ini:

#15. Ruangan tunggu ini harus sesuai dengan tulisan yang ada di boarding pass. Pastikan anda harus melihat tulisan gate berapa menjadi pintu awal naik pesawat terbang.

#16. Jangan pernah meninggalkan barang bawaan anda tanpa adanya pengawasan dari pemilik barang termasuk anda. Seluruh barang bawaan harus berada disekitar anda agar memudahkan pengawasan.

#17. Saat anda berada di bandara dimana saja termasuk di ruang tunggu pesawat jangan pernah meneriama benda atau barang jenis apapaun dari orang lain atau orang asing. Karena anda tidak mengetahui apa isinya dan perlu tetap waspada barang yang berbahaya yang bisa menyebabkan anda tertangkap oleh pihak keamanan. Tetap waspada.

SAAT PETUGAS MEMANGGIL PENUMPANG MASUK KE PESAWAT UDARA.
Setelah seluruh penumpang menunggu di ruang tunggu dan waktu yang telah dipersiapkan telah datang, ada beberapa perhatian yang harus anda ikuti;

#18. Petugas akan memberikan informasi bahwa pesawat yang akan anda tumpangi telah siap berangkat dan pastikan nomer penerbangan anda sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh petugas.

#19. Barang bawaan anda berupa tas ransel, koper, dan lainnya ikut serta dan pastikan anda menunjukan boarding pass berserta ID yang berlaku kepada petuga agas proses identifikasi penumpang bisa telaksana dengan baik.

#20. Setelah menuju ke antrian jalan memasuki gerbang pintu pesawat pastikan anda duduk pada kursi yang telaj tertera di boarding pass serta meletakan seluruh barang bawaan di tempat penyimpanan barang yang telah disediakan posisinya di atas tempat duduk penumpang.

Baca juga: 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal