Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Oline Khusus Pemula Modal Kecil Menengah

Berkembangnya dunia digital pastinya memasuki dunia digital harus sudah mulai merambah ke bisnis online khusus bagi pemula modal kecil dan menengah. Bisnis online telah sudah banyak dimulai di saat semua konsumen saat sekarang ini telah memiliki smartphone sebagai sarana untuk berkomunikasi hingga transaksi secara real time online dapat dilakukan secara bersamaan hingga 24 jam penuh. Kemudahan ini lah yang akan dimanfaatkan pelaku bisnis seperti anda yang akan dapat membuat display masing-masing produk yang paling dicari oleh konsumen hampir seluruh daerah Indonesia. Cara yang sangat efektif meningkatkan market share agar omset yang akan dicari dapat diandalkan pada pasar online.
Poto credit: zoomyourtraffic.com

Khusus bagi anda yang mempunyai kapabilitas untuk mencoba bisnis online pemula dengan modal kecil menengah masih terbuka luas pangsa pasarnya. Apapun jenis produk yang akan anda jual dan skill untuk masuk ke dunia digital online beginilah cara yang harus anda lakukan agar perlahan tapi pasti produk anda akan segera dikenal oleh konsumen dan akhirnya anda menjadi pemain utama di produk tertentu. Berikut penjelasannya:

FORMULA: bisnis online terkadang tidak membutuhkan tempat seperti toko atau ruko yang disewa, dimulai dari rumah saja dan semua jenis produk yang akan masuk dalam display toko hanya anda siapkan cuma poto, upload, dan publish. Itemnya juga jauh lebih banyak bahkan dapat melebihi toko besar sekalipun asalkan anda mempunyai skill dan memanage semua produk tersebut saat penjualan telah ada.

#1. Produk Anda Selalu Dicari Setiap Waktu.
Apabila anda mempunyai jenis produk tertentu yang selalu dicari setiap waktu maka mulailah masuk ke pasar online supaya dapat meningkatkan pangsa pasar lebih luas bahkan antar daerah. Produk yang dicari setiap waktu seperti makanan pokok seperti beras, makanan tema organik, dan sejenisnya masih tetap bertahan di saat situasi ekonomi lagi tidak menentu. Karena pastinya jenis produk ini selalu dipakai dan dikonsumsi setiap waktu oleh konsumen sehingga anda dapat membangun konsumen dunia maya sebagai pelanggan baru menuju pelanggan tetap anda untuk jangka panjang.

#2. Toko Dapat Berupa Website Sendiri Atau Market Place.
Pilihan saat sekarang ini telah dirasakan manfaatnya adalah ada dua jenis yaitu website sendiri hingga bergabung di market place yang anda seperti Tokopedia hingga Bukalapak. Apabila anda mempunyai semua kemampuan untuk mencoba kedua atau salah satunya pastinya akan merasakan hasilnya yang telah merajai toko online yang banyak dicari oleh konsumen seluruh Indonesia bahkan dunia. Majunya kedua jenis platform penjualan barang ini telah membius penjualan bisnis online yang merajai pasar di Indonesia ini berubah laksana pasar konvensional seperti dulu tetapi anda tidak perlu lagi pergi ke pasar hanya menggunakan smartphone saja telah langsung dapat melihat barang yang akan dicari. Pastinya anda harus menjadi member atau anggota disana supaya langkah demi langkah harus anda ikuti sehingga proses untuk membuka toko bisnis online segera terwujud.

Khusus anda membuat sendiri harus mempunyai skill tambahan seperti membeli web hosting dan domain sebagai langkah awal yang dipersiapkan. Semua aspek media bisnis online harus dimulai dari dua teman sejati ini untuk menghasilkan toko bisnis anda yang sesuai dengan konsep penjualan barang. Kami telah mengulas dua jenis topik ini dan pastikan anda membacanya lebih seksama.

Baca juga:

#3. Fokus Jalani Bisnis Online Ibarat Toko Offline Konvensional.
Anda yang telah fokus untuk menjalankan bisnis online ini pastinya telah memiliki toko konvensional di dunia nyata. Totalitas untuk selalu melakukan monitor terhadap produk anda telah terjadi transaksi menjadi prioritas untuk segera dilakukan proses jual-beli karena waktu "deal" memang tidak dapat diprediksi apakah di pagi, siang atau malam. Tetap anda monitor setiap waktu agar pengiriman barang segera dilakukan.

FORMULA: khusus toko bisnis online anda di market place selalu memiliki notifikasi bahwa barang anda telah terjual, dan langsung segera dikirim ke ekspedisi yang tertera sebagai pilihan dari konsumen yang ada. Kemas segera dan proses pengiriman segera dilakukan agar pembayaran yang dilakukan konsumen segera masuk ke virtual account yang disediakan oleh market place ini. Khusus website anda harus melihat apakah transaksi yang telah dilakukan masuk ke dalam rekening anda supaya proses yang sama seperti market place segera juga dilakukan. Untuk pemilihan ekspedisi pengiriman sesuaikan dengan karakter anda dan harga yang anda sampaikan di website saat terjadi proses "check-out" oleh konsumen.

#4. Integrasikan Dengan Media Sosial Populer.
Banyak sekali para pemula memulai bisnis mereka di media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp saja. Tetapi jika anda memulai bisnis online dapat sekaligus dimulai dari sekarang dengan cara membangun networking dan follower anda dengan membuat informasi yang selengkapnya agar membangun media sosial ini dapat bertahan lama. Jangan pernah membeli follower, buat media sosial anda ini memang bukan menggunakan robot. Media sosial yang digunakan pastinya merupakan senjata ampuh untuk meraih konsumen dunia internet yang sudah menjadi fenomenal untuk zaman sekarang ini.

#5. Selalu Asah Skill Kemampuan Untuk Bisa Menulis Artikel Sendiri.
Anda ingin sukses harus mempunyai skill kemampuan untuk dapat bisa menulis artikel sendiri. Jika perlu belajar mulai dari sekarang dan banyak sekali tutorial yang mengajarkan baik dari youtube bahkan buku dari seorang mentor yang siap menularkan ilmu pengetahuan mereka bagaimana cara efektif untuk segera dapat menyampaikan semua informasi lengkap. Asah selalu setiap saat dan sampaikan artikel tersebut di salah satu platform yang anda pilih seperti website atau market place yang tetap membutuhkan tulisan artikel ini di kolom deskripsi. Dengan informasi ini lah anda akan terhubung dengan "kata kunci" yang masuk dalam penjelasan tersebut terbaca oleh mesin pencari yang selalu dipakai oleh konsumen anda mencari informasi produk anda yang direkomendasikan dari tulisan tersebut.

FORMULA! penulisan artikel ini sangat penting dan diperlukan sebagai penghubung antara manusia dan robot yang digunakan oleh Google yang dibutuhkan kemudian dimasukan ke dalam mesin pencari yang sering digunakan oleh manusia mencari informasi. Maka tersebutlah "tanya mba Google", ini lah maksudnya informasi yang anda tulis akan terbaca oleh robot Google sehingga konsumen langsung terkoneksi dengan anda yang menjual produk yang mereka cari selama ini lewat telepon pintar atau smartphone.

Baca juga:

#6. Selalu Update Informasi Anda Di Seluruh Media Sosial.
Semakin rajin anda melakukan update informasi mengenai produk yang anda jual sudah tentu pasti akan terbaca selalu oleh mesin pencari dan akan selalu di sharing oleh follower anda ke beranda mereka masing-masing. Jangan pernah letih untuk berkreasi apapun bentuknya di media sosial apakah tulisan yang bermanfaat terhadap produk yang anda sediakan baik informasi spesifikasi produk, tips, hingga informasi lain yang bermanfaat bagi follower anda sehingga media sosial anda menjadi hidup dan aktif. Cara ini lah disebit sebagai marketing atau pemasaran produk yang sangat populer dan ampuh untuk menjual jenis produk yang anda miliki. 

FORMULA! update informasi ini dapat bermacam-macam seperti sharing vidio terhadap produk anda, informasi lengkap spesifikasinya, hingga sharing vidio saat anda melakukan aktifitas ekonomi bersama produk tersebut. Beginilah pola kerja dari media sosial yang selalu ada konten sebagai ilustrasi info cara untuk mendekatkan diri dengan konsumen di internet.

#7. Jenis Produk Yang Sama Banyak Tetapi Produk Anda Berbeda.
Kenapa produk anda harus dibeli oleh konsumen sudah tentu pasti mempunyai keunggulan. Anda jangan samakan dengan penjual lainnya walaupun jenisnya sama tetapi ada cerita dibalik itu semua sehingga konsumen lah yang akan menentukan apakah produk anda layak untuk dibeli. Coba saja anda lihat di market place populer saat sekarang ini banyak produk sejenis tetapi kenapa konsumen memilih penjual dari sekian ratus yang ada disana. Kuncinya adalah mempertahankan kualitas produk dan harga yang sangat sesuai dengan yang akan dibayar oleh konsumen. Konsumen selalu benar karena mereka lah user yang menggunakan produk anda untuk keseharian dan pastinya sangat akrab dengan kualitas terpilih. Dengan pola seperti ini maka dengan sendirinya konsumenlah yang akan sharing informasi ini kepada rekan hingga lingkungan sosial mereka mengakibatkan omset penjualan menjadi meningkat.

FORMULA! apabila anda telah mempunyai konsumen tetap yang selalu membeli produk anda untuk semua aktifitas keseharian mereka maka anda telah berkomitmen untuk menyediakan produk yang berkualitas. Semakin hari, bulan, dan tahun tetap dipertahankan akan menjadikan posisi pasar yang anda buat menjadi terdepan dan dapat memenangkan kompetisi dari sekian banyak penjual yang menyediakan produk sejenis.

#8. Income Lain Dapat Anda Raih.
Khusus anda yang mempunyai website untuk produk yang anda miliki dapat menghasilkan uang tambahan lainnya seperti Google Adesense dengan nilai yang tidak terbatas. Nah, anda membuka toko online saja dapat menghasilkan uang pasif income lainnya yaitu uang tunai yang akan langsung dimasukan ke rekening pribadi anda. Bangun website anda dengan konten artikel yang anda buat dan bermanfaat bagi seluruh pencari informasi dan semakin banyak artikel yang anda buat tentu akan memberikan trafik yang cukup signifikan akan menghasilkan uang. Itulah sebabnya kami jelaskan kepada anda harus mempunyai skill menulis artikel supaya nilai ekonomi lain dapat anda raih dengan mudah selain berjualan online anda juga menghasilkan uang dari artikel yang anda tulis dan sangat bermanfaat bagi seluruh pengguna informasi tersebut. 

#9. Selalu Optimis Raih Cita-Cita.
Saat sekarang ini anda telah mendapatkan hasil yang cukup baik tetapi jangan berpuas diri anda harus meneliti bagaimana cara untuk tetap maju ke depan dan harus menjadi yang terdepan dalam penjualan produk ini. Teliti apa saja kesalahan yang telah anda perbuat sebelumnya perbaiki segera agar konsumen lain yang memakai produk anda tetap memberikan kepuasan terbaik dan memang produk ini yang mereka cari selama ini. Jangan pernah putus asa di saat anda mempunyai niat untuk maju pastikan semua informasi yang didapat selalu menjadi cara untuk memperbaiki apakah dari konsumen sendiri yang memberikan komentas positif atau koreksi terhadap barang yang telah mereka beli. 


FORMULA! perhatikan komentar konsumen yang akan menjadikan anda seorang yang lebih tangguh lagi untuk memenangkan kompetisi di dunia bisnis online. Karena komentar ini lah yang akan memberikan nasehat kepada komsumen lain disaat mereka ingin mencoba produk yang anda jual yang akan mereka gunakan nanti. Konsumen selalu benar karena mereka rela mengeluarkan uang yang cukup untuk membeli produk yang anda jual, jangan pernah sia-siakan kesempatan ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.