Langsung ke konten utama

Berapa Modal Untuk Mendirikan Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula

Banyak sekali pencari informasi yang ingin mengetahui berapa modal untuk mendirikan warung kopi coffee shop untuk pemula. Kalau untuk nominal tergantung dari jenis warung kopi yang akan anda dirikan nanti dan pastinya dimana lokasi yang akan menjadi tempat berdirinya coffee shop ini. Biaya yang muncul sangat tergantung dari kondisi di daerah tertentu misalnya biaya untuk mendirikan bisnis di DKI Jakarta dengan daerah lain tentu ada perbedaan karena faktor eksternal yang mempengaruhi seperti daya beli masyarakat, harga pasar property, dan lain sebagainya. 
Poto credit: timeout.com

Untuk rincian lainnya dapat mempengaruhi di beberapa poin dibawah ini:
1. Pajak dan pendapatan tentu akan berbeda
2. Biaya pajak dan biaya perijinan hukum.
3. Biaya property yang akan berbeda.
Poin ini pasti setiap daerah akan berbeda dan peluang di kota besar dan kota kecil tentu juga berbeda. 

PENTING! apabila anda ingin memang terjun langsung di dunia bisnis coffee shop warung kopi pastikan langkah pertama yang harus diketahui mindset anda terhadap bisnis tersebut memang anda kuasai dan mengerti bagaimana mengelola bisnis tersebut dengan baik.

Setelah anda mengerti bagaimana menjalankan bisnis warung kopi nanti tentu anda akan mencari informasi berapa biaya yang akan dibelanjakan untuk dihabiskan mempersiapkan coffee shop dimulai dari proses hingga dapat berdiri di lahan yang telah dilirik sebagai lokasi berdirinya. Memang biaya untuk menjalankan bisnis ini disesuaikan dengan biaya nyata saat bisnis berjalan, dan juga tergantung dari konsep yang akan anda wujudkan. Tapi setidaknya jumlah mendekati dapat membuka cakrawala anda sehingga posisi dimana bisnis anda akan berada.

Rencana yang akan menjadi ranah dipikirkan oleh seorang owner pemilik warung kopi ada beberapa segmen yang akan mempengaruhi semangat bisnis ini dijalankan:

1. Rencana penjualan yang akan diprediksikan.
2. Biaya jual untuk menu yang akan dipersiapkan atau disebut dengan COGS {Cost of Good Sold} atau HPP {Harga Pokok Penjualan} yang akan dimasukan beberapa komponen lain yang mempengaruhi bisnis saat setelah running:
- Konsep bisnis yang akan diterapkan.
- Adanya segment rencana perkembangan menu terbaru.
- Lokasi bisnis.
- Semua peralatan yang akan digunakan.
- Semua kegiatan alur keuangan yang akan terjadi seperti sofware yang digunakan.
Semua aspek ini akan masuk ke harga yang akan dijual ke konsumen yang masuk dalam harga HPP nanti. Semakin mahal konsep warung kopi yang akan anda bangun maka harga jual tentu akan berada di posisi tertentu, begitu sebaliknya.

Tidak terlepas itu saja, perhitungan laba dan rugi selalu dihitung sebagai elemen penting untuk sebuah usaha. Proyeksi penjualan dari waktu ke waktu dapat dilakukan untuk memprediksikan kapan waktu BEP {Break Even Point} bisnis ini akan berada. Tentu saja, uang yang telah dikeluarkan ini ke beberapa elemen belanja modal yang akan terjadi pastinya anda sebagai owner harus mengetahui berapa rata-rata penjualan makanan minuman ini per hari kalkulasikan sebulan hingga setahun di bulan berapa bisnis ini akan impas atau balik modal, dan setelah itu anda akan memulai lembaran baru untuk memulai bisnis ini lebih baik karena balik modal sudah kembali. 

RINCIAN BELANJA MODAL UNTUK WARUNG KOPI.
I. PERALATAN.
Menjelaskan dengan angka nominal memang harus dijelaskan agar anda bsa menetahui posisi dimana akan berdiri. Apakah target pasar yang akan menjadi pelanggan anda di menengah ke bawah atau menengah keatas. Intinya, anda dapat menyesuaikan anggaran modal yang dipersiapkan ini supaya menjadi ancar-ancar berapa uang yang harus dipersiapkan sekarang.

#1. Modal Mesin Pembuat Kopi: IDR15.000.000
#2. Peralatan minum kopi: IDR2.000.000
#3. TV display: IDR1.500.000
#4. Alat proyektor: IDR500.000
#5. Furnitur termasuk kursi dan meja pelanggan: IDR6.000.000
#6. Lain-lain: IDR1.000.000
TOTAL: IDR25.000.000 dengan alokasi per bulan: IDR2.803.333

II. BAHAN-BAHAN.
Tentu saja untuk bahan-bahan ini tergantung dari jenis minuman kopi yang akan disediakan pastinya menggunakan jenis kopi yang terbaik dari hasil pengalaman anda selama mengenal kopi.

#1. Stok kopi super: IDR2.000.000
#2. Gula: IDR1.000.000
#3. Jenis kue pendamping minum kopi: IDR500.000
#4. Coklat: IDR800.000
#5. Lain-lain: IDR500.000
TOTAL: IDR4.800.000

III. PERSIAPAN BIAYA SELAMA SEBULAN.
Memulai bisnis warung kopi atau coffee shop ini harus ada persiapan biaya yang akan keluar di saat waktu bisnis sudah berjalan.

#1. Biaya listrik: IDR250.000
#2. Biaya air: IDR150.000
#3. Sewa tempat: IDR1.250.000
#4. Gaji karyawan {2 karyawan}: IDR5.000.000
#5. Lain-lain: IDR1.500.000
TOTAL: IDR8.150.000

Dari angka diatas anda harus mempersiapkan modal awal untuk berdirinya bisnis ini sekitar IDR37.950.000 diluar dari biaya ijin dan sofware yang digunakan untuk mencatat dan membuat laporan keuangan nanti.

KAPAN BREAK EVEN POIN {BEP} BALIK MODAL.
Memang untuk memprediksi kapan BEP atau balik modal di bulan kapan? Tentu untuk menjawab ini memang harus aktual terjadi di lapangan. Tetapi anda dapat memprediksikan berapa cangkir kopi akan terjual setelah anda memperhatikan aspek pendirian bisnis ini tentu dapat diambil jumlah dan nilai yang akan menjadi dasar untuk menghitung bulan tersebut. Nah, berikut asumsi yang akan diambil agar anda mengetahui bisnis ini tetap menguntungkan.

Baca juga:
Contoh Dekorasi Desain Interiori Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula
Tips Bagaimana Cara Bisnis Warung Kopi Coffee Shop Modal Kecil Menengah

Harga per gelas kopi:
Small: IDR10.000
Medium: IDR12.000
Large:IDR15.000

Asumsi jumlah laku per hari dan paling banyak untuk harga small paling murah dengan rincian sebagai berikut:
Small: 40 x IDR10.000: IDR400.000
Medium: 10 x IDR12:000: IDR120.000
Large: 10 x IDR15.000: IDR150.000
TOTAL: IDR670.000

Penjualan kue-kue sebagai pendamping minum kopi dengan asumsi laku per hari semua setelah ada waktu diskon karena kue harus habis setiap hari: IDR500.000 per bulannya: IDR15.000.000

PENJUALAN: KOPI dan KUE per bulan: IDR35.000.000
(-)BIAYA: IDR12.950.000
(-)Alokasi Biaya Modal per bulan: IDR2.083.000

LABA SEBELUM PAJAK: IDR19.967.000 per bulan. Kalkulasikan per tahun menjadi IDR 239.604.000.

Jika angka ini dan sesuai dengan asumsi yang dipilih untuk beberapa bulan saja anda sudah balik modal bahkan masuk BEP. Jadi, untuk memulai bisnis ini cukup menguntungkan disaat anda ingin mewujudkan cita-cita ini sesuai dengan keinginan yang selama ini direncanakan. Dari perjalanan hitungan dan rencana anggaran biaya yang terjadi ini anda cukup mampu melakukan bisnis warung kopi ini dengan baik dan mempunyai skill. Apabila anda mempunyai kemampuan dan mampu menjalankan bisnis ini dengan pastikan semua riset kelayakan bisnis harus dilakukan sangat mendalam. Diatas kertas memang sangat menguntungkan tetapi jika salah anda melakukan riset tentu akan bisa berbalik arah, penjualan sangat merosot hingga akhirnya tutup dan bisnis ini menjadi rugi.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b