Langsung ke konten utama

Tips Bagaimana Cara Bisnis Warung Kopi Coffee Shop Modal Kecil Menengah

Saat sekarang ini warung kopi atau coffee shop telah menjadi destinasi tempat nongkrong atau tempat menunggu oleh generasi milenial sebelum aktifitas berikutnya. Anda dapat melihat sendiri sudah mulai bermunculan warung kopi ala mahasiswa dengan skala modal kecil menengah ini sebagai pilihan terbanyak karena disaat mereka bingung mau meet-up dengan rekan bisnis atau teman untuk bersosialisai sudah pasti terlintas "ngopi yuk". Nah, dengan fenomena ini tentu anda yang memiliki modal cukup ingin mencoba bisnis warung kopi coffee shop dengan target pasar menengah ke bawah sebagai pasar penting yang akan menjadi konsumen utama anda. Solusi bisnis yang sangat baik dicoba tentu ada dibalik cerita untuk merintis bisnis ini.
Poto credit: cleartrip.com

Sekarang ini banyak sekali generasi milenial yang telah mempunyai kinerja dan bekerja di dunia digital seperti konten kreator selalu berhubungan dengan dunia kreatif juga dapat menjadi target baru konsumen anda lainnya karena mereka memilih warung kopi sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi agar semua ide untuk membuat sebuah konten kreatif bisa menggema di pikiran dan lancar untuk diselesaikan tepat waktu. Perkembangan seperti ini lah harus anda sikapi karena peluang bisnis yang cukup besar di depan mata dapat anda jadikan bisnis awal yang sangat menguntungkan tentu saja harus mengetahui bagaimana cara mendirikan warung kopi coffee shop ini dengan modal yang masih terjangkau skala UKM. Semoga tulisan kami ini dapat menjadi sebuah jawaban yang anda cari selama ini dan dapat menjawab semua pertanyaan yang sebelumnya belum terjawab ada di artikel kami ini. 

FORMULA: Indonesia sangat kaya dengan jenis kopi yang tumbuh mempunyai kualitas yang sangat tinggi di pasaran dunia. Dengan potensi ini anda dapat memanfaatkan hasil bumi Indonesia ini untuk diolah dan membentuk sebuah bisnis warung kopi atau coffee shop skala menengah kecil. Pastinya anda harus mengetahui lalu lintas perdagangan kopi terutama daerah menjadi sentra penghasil yang mempunyai kualitas terbaik untuk jenis tertentu seperti Robusta atau Arabica. Kedua jenis kopi ini masih menjadi primadona karena rasa unik dan aroma kopi yang cukup tajam. 

#1. RENCANAKAN BISNIS WARUNG KOPI SECARA MATANG.
Melaksanakan bisnis warung kopi atau coffee shop seperti ini memang harus ada penelitian secara mendalam dimulai dari perencanaan, proses, hingga berdirinya bisnis. Rincian paling dalam ini telah anda dapati dan pastinya anda mengerti alur kerja hingga menjalani bisnis ini kedepan. Seperti yang telah kami paparkan diatas anda mengerti jenis kopi yang digunakan dan sudah mengetahui pemasok utama tunggal dengan harga yang sangat kompetitif. Jadi, setelah bisnis berdiri anda tidak perlu lagi memikirkan dan masih mencari-cari dimana sentra kopi atau hanya membeli kopi tersebut dipasar tradisional. Tidak begitu caranya, teliti mulai dari hulu sampai ke hilir sehingga sirkulasi perjalanan kopi ini anda dapat kuasai dan sudah mengetahui tempat yang pasti menjadi pemasok utama jenis kopi yang akan anda gunakan.

#2. Kuasai target pasar yang akan pelanggan anda utama, seperti contoh yang kami sampaikan tentu ala mahasiswa mungkin masuk juga karyawan kantoran dengan memperhatikan harga yang terjangkau. Target ini harus anda teliti bagaimana selera mereka hingga desain coffee shop yang ada saat sekarang ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk diaplikasikan pada warung kopi ini nantinya. Jadi selera pelanggan juga mempengaruhi bisnis ini nantinya apakah cocok buat mereka untuk nongkrong bahkan fenomena "ngopi yuk" yang selalu terlontarkan oleh mereka di warung kopi anda yang ada. 

#3. Teliti Budget Warung Kopi.
Setelah anda mempelajari semua aspek awal untuk berdirinya bisnis coffee shop siapkan budget yang akan dibelanjakan sebagai modal awal untuk memulai bisnis ini sebagai perusahaan yang anda idamkan selama ini. Semua aspek yang kami sampaikan ini harus sangat rinci bahkan jika anda paham dengan aspek laporan keuangan sebaiknya sudah mulai membuatnya supaya alokasi biayanya tepat sasaran hingga pos-pos yang dikeluarkan nanti memang sesuai dengan peruntukannya.

Baca juga:
Contoh Dekorasi Desain Interiori Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula
Berapa Modal Untuk Mendirikan Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula

#4. Konsep Tepat Bisnis Coffee Shop Anda.
Berbagai konsep warung kopi yang akan anda pilih sudah pasti telah melalui proses penelitian yang cukup panjang. Buatlah konsep yang mewakili karakter anda, anda yang memiliki bisnis ini terlihat hampir seluruh desain hingga tata letak menjadi unik tidak terpikirkan sebelumnya oleh kompetitor anda. Pastikan semua konsep ini sesuai dengan luas coffee shop agar terasa lebih luas dan tidak sempit saat pengunjungnya sudah mulai berdatangan. Desain interior juga penting karena komponen ini membuat suasana lebih cozy nyaman untuk didatangi untuk nongkrong serta menghabiskan waktu menunggu, pemilihan kursi dan furniture yang tepat untuk menghadirkan tempat bersantai hingga tempat duduk seperti bar juga tersedia. Jadi tidak terasa monoton hingga membosankan dapat diminimalisir dari pemilihan furniture.

#5. Buat Logo Bisnis Coffee Shop.
Agar konsumen lebih mengenal bisnis anda ini sudah pasti harus membuat logo  menjadi pertimbangan yang matang, logo merupakan satu cara untuk menarik pelanggan mau berkunjung hingga masuk ke dalam warung kopi untuk menikmati semua jenis kopi yang tersedia. Apabila anda membutuhkan pihak ketiga untuk menciptakan loga dengan keseriusan konsep yang akan anda pajang nanti harus memilih warna yang tepat sesuaikan dengan suasana bisnis yang akan anda wujudkan nanti. Logo tidak dibuat secara sembarangan atau asal-asalan karena dari logo pelanggan dapat mengenal karakter bisnis yang akan mempengaruhi suasana warung kopi nanti. Seperti contoh, jika coffee shop anda lebih menonjolkan suasana cerah dan bersemangat dapat memlih warna kuning, hijau, atau coklat. Jika kombinasi pastinya warna tersebut tidak tabrakan dengan suasana yang akan dirasakan oleh pengunjung.

#6. Lokasi Berdirinya Bisnis.
Semua aspek paling utama telah anda terapkan saatnya memilih lokasi berdirinya bisnis. Pemilihan lokasi tempat bukan perkara mudah banyak sekali pertimbangan yang harus menjadi faktor eksternal yang ada dilingkungan tersebut dapat memajukan bisnis anda nanti seperti lokasi yang dekat dari jalan utama, dekat kampus, dekat perkantoran, atau anda ingin memilih konsep rumah tradisiional untuk bisnis dapat juga anda teliti lebih rinci. Pemilihan lokasi memang seharusnya disesuaikan dengan konsep warung kopi nanti apakah dapat menyatu dengan suasana yang akan anda terapkan dan target pasar utama dapat langsung anda raih. Semua pertimbangan ini harus menyatu dengan baik agar majunya bisnis ditopang dari fasilitas ekternal ini yang akan memberikan keuntungan besar dan perkembangan bisnis anda dikemudian hari.

#7. Terapkan Desain Interior Tepat Akurat.
Mewujudkan coffee shop lebih menarik dan memberikan inspirasi bagi banyak orang ya harus di desain dengan interior yang tepat sasaran. Memang benar adanya interior yang bagus dan kece akan memberikan kesan betah bagi konsumen untuk tetap berada di coffee shop yg akan berdampak pada pemesanan makanan dan minuman yang tersedia. Pilihan yang ada di pasaran cukup banyak dimulai dari cat dinding, wall paper, hingga gabungan keduanya. Pastikan pemilihan bahan terbaik diprioritaskan agar perawatan tidak terlalu banyak terutama biaya yang akan terbentuk. Seperti jika ada noda yang melekat di dinding mudah dibersihkan dan tidak merusak wujud aslinya.

#8. Aneka Jenis Furniture Di Sudut Ruangan.
Jika anda yang mempunyai konsep yang mutakhir dan teraplikasi untuk seluruh konsumen yang akan menjadi target pasar anda maka harus memilih furniture bermacam-macam bentuk hingga ukuran. Antisipasinya adalah agar tidak terjadi kebosanan hingga terkesan monoton. Memang strategi ini dipilih untuk mewujudkan kenyamanan selama berada di ruangan sehingga pelanggan anda menjadi tidak merasa bosan apalagi menunggu di zona yang cukup lama. Memang tidak mudah memilih furniture tetapi setidaknya ada rekomendasi yang cukup banyak di media sosial sebagai rujukan yang sangat tepat supaya anda harus teliti agar coffee shop yang anda miliki nanti memang sesuai dengan karakter yang akan menjadi atmosfer pentin saat bisnis sudah berjalanan.

#9. Pastikan Eskterior Gedung Sesuai Dengan Interior.
Konsep interior telah dipilih dan telah ditetapkan, saatnya eksterior gedung warung kopi untuk segera ditentukan. Eskterior ini lebih cenderung ke konsep gedung, jika anda memilih rumah tradisional sebagai konsep dasar bangunan berarti anda hanya perlu merapikan semua struktur gedung luar lebih terawat jika perlu dicat kembali agar bentuk bangunan tersebut menjadi lebih hidup. Jangan beranggapan gedung tua tradisonal ketinggalan justru nilai estetikanya disitu dan pasti pelanggan anda cenderung lebih menyukai dengan keindahan kenyamanan seperti rumah sendiri dapat dikonsepkan untuk ditetapkan. Atau konsep minimalis, modern, hingga semi modern sekalipun menjadi beberapa pilihan lainnya dapat juga menjadi pertimbangan asalkan anda mampu eksekusi semua elemen mendukung. Pastikan esterior gedung ini menjadi perhatian juga agar interior yang akan dipilih menyatu tidak saling bertentangan.

ESENSIAL UNTUK FOOD AND BEVERAGES.
Setelah semua aspek bangunan dan elemen pendukungnya selesai saatnya anda harus memikirkan bagaimana esensial untuk makanan dan minuman yang akan disajikan kepada pelanggan anda. Warung kopi atau coffee shop mirip dengan pedagang kuliner yang harus memikirkan rasa, harga, dan penampilan sangat berpengaruh untuk dijual. Konsep warung kopi yang mempunyai desain unik tentu anda juga memiliki jenis minuman dan makanan yang juga unik dan hadir dengan kualitas rasa yang prima harga masih dalam zona terjangkau. Target pasar anda menengah ke bawah atau ala mahasiswa sebagian karyawan kantorran yang masih memikirkan harga untuk setiap tongkrongan sejenak ini pastikan anda sebagai owner menghasilkan food and beverages yang standar tetapi rasanya masih berkualitas. Pilih bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan fresh agar sajian ini masih baik dikonsumsi, hindari makanan yang selalu dihangetin akan berdampak pada rasa yang tidak enak akan memberikan nilai buruk dalam rasa oleh pelanggan.  

TENAGA KERJA SAAT BISNIS TELAH BERJALAN.
Bisnis sudah jalan pastinya harus ada tenaga kerja atau karyawan yang akan membantu warung kopi menghasilkan nilai nominal uang. Pastinya ada spesifikasi khusus yang harus anda pilih untuk bekerja bersama anda terutama peracik kopi atau Barista yang mempunyai pengalaman hingga proses pembuatan kopi standar. Tulang punggung sebuah warung kopi adalah Barista, pilih yang telah berpengalaman di bidangnya dan memberikan kualitas terbaik untuk hidangan kopi dengan takaran serta teknik seluk beluk kopi dia kuasai. Sisanya pramusaji hingga cleaning sesuaikan dengan keadaan coffee shop nanti.

LAKUKAN PROMOSI HINGGA TERHUBUNG MEDIA SOSIAL.
Jangan pernah remehkan media sosial untuk terhubung dengan dunia digital apalagi dunia internet. Bisnis yang anda miliki jika terhubung dengan media sosial agar eksistensi warung kopi atau coffee shop anda mudah terakses disaat pelanggan baru ingin mengetahui informasi dimana tempat nongkrong murah meriah. Bahkan saat sekarang ini telah mulai diakui bahwa media sosial telah bisa melakukan promosi secara mudah dengan adanya menu khusus yang mudah dilakukan. Seperti contoh Facebook, Instagram dan Twitter hampir semua penduduk di dunia ini selalu terhubung dengan media sosial ini untuk berinteraksi dan pastinya anda juga harus masuk ke salah satu platform ini untuk bisnis coffee shop warung kopi anda.

Jika anda mempunyai kapabilitas untuk membuka jenis platform lain seperti website dalam bentuk blog serta vlog dalam chanel youtube sangat direkomendasikan. Jadi lengkap sudah semua media sosial yang ada saat saat ini anda lakukan sehingga promosi secara berkala dapat dilakukan dengan biaya yang sangat terjangkau. Apalagi anda juga dapat menulis artikel hingga membuat vidio yang berhubungan dengan bisnis anda saat sekarang betapa sempurnanya cara anda untuk memenangkan kompetisi di dunia bisnis yang semakin ketat saat ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b