Langsung ke konten utama

Waspada Penipuan Harus Dihindari Diketahui Sering Terjadi Di Vietnam Agar Liburan Menyenangkan Khusus Traveler Pemula

Sebagai traveler pemula harus waspada penipuan yang sering terjadi segera diketahui bahkan dihindari saat berada di Vietnam yang merupakan pengalaman dari para turis yang telah merasakan pengalaman ini sehingga menjadi sebuah pembelajaran bagi traveler pemula lainnya agar liburan di Vietnam tetap nyaman dan menyenangkan. Beberapa penipuan yang sangat umum terjadi tentu harus segera anda sadari tetapi mungkin saja suasana yang kami sebutkan ini akan berhadapan nanti saat anda berada di sana. Dampak yang dirasakan dari kejadian ini tentu akan menimbulkan rasa marah, menyesal, hingga kerugian yang akan ditimbulkan sehingga rasanya traveling yang anda inginkan menyenangkan agak terhambat bahkan seperti mimpi buruh tiba-tiba di siang hari. Memang, kejadian ni akan menimbulkan kesadaran sehingga traveler pemula di didik untuk tetap waspada agar fenomena penipuan dimana saja mungkin saja ada. Walaupun berbeda negara tetapi konsepnya tetap sama yaitu menimbulkan kerugian nilai uang yang cukup besar sehingga budget traveling anda menjadi membengkak besar.

Segera sadari suasana ini dan selalu awas terhadap situasi yang mungkin saja anda hadapi bentuk penipuan yang segera dihindari bahkan harus diketahui yang sering terjadi di Vietnam. Apa saja jenis dan tipe yang mayoritas terjadi sebagai target mereka traveler pemula, berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Jasa Foto Keliling.
Poto credit: techradar.com

Memang untuk mengabadikan momen berharga saat anda berada di Vietnam tentu akan menjadi sejarah dan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Apalagi banyaknya spot tempat wisata yang menarik dan membuat anda harus menyiapkan diri untuk jepret dan mengambil gambar dengan angle menarik. Waspada jasa foto keliling yang banyak hadir di pusat wisata penting di Vietnam memberikan jasa dengan dilengkapi alat peraga mereka agar lebih menarik kemudian memaksa anda untuk membayar tip yang cukup mahal hingga semua prosesi jepretan foto selesai. Apabila anda menolak untuk membayar maka mereka akan mengikuti anda kemana rute perjalanan anda sampai mereka dibayar baru akan berhenti. Ada insiden lainnya, di saat pedagang kaki lima yang menjajakan semua barang dagangan mereka kepada turis sampai anda membeli barang mereka walaupun hanya satu piece saja. Kasus lainnya adanya oknum yang berpura-pura menjadi seorang yang berkebutuhan khusus bahkan mengaku cacat dan sebagainya mereka datang ke lokasi penting turis seperti tempat wisata hingga ke tempat makan untuk meminta-minta.

CARA MENOLAK: anda harus bersikap tegas tapi sopan untuk menolak semua jasa mereka dengan bahasa yang mudah di mengerti segera oleh mereka. Jika ada pedagang tetap gigih dan kekeh menjual barang tersebut kepada anda segera menjauh setelah anda memberikan sinyal menolak kepada mereka. 

#2. Waspada Restoran Tidak Menampilkan Harga.
Poto credit: expatolife.com

Dengan jenis wisata kuliner yang cukup bervariasi di Vietnam banyak sekali restoran yang menyediakan menu tersebut dengan porsi yang cukup banyak hingga jenisnya unik menggugah selera. Tetapi anda menjadi lupa, masuk begitu saja tanpa melihat apa saja yang janggal di saat turis telah selesai makan membayar dengan harga tinggi bahkan selangit. Tentu saja, rata-rata penduduk lokal Vietnam tidak dapat bahas Inggris dengan lancar bahkan buta sama sekali jadi mereka memberikan bil tagihan makan dan minuman anda saat berada di restoran mereka. Memang cara ini sangat marak terjadi di saat traveler pemula datang sebagi turis menikmati liburan di Vietnam lupa, sebelum masuk ke restoran mereka harus melihat terlebih dahulu berapa harga makanan dan minuman yang akan mereka sajikan supaya anda mengetahui apakah harga tersebut wajar atau tidak. Karena suasana liburan yang ada rasakan bagaikan eforia yang sangat tinggi menjadi lengah dan akibatnya anda harus membayar mahal sekali sehingga budget perjalanan anda menjadi membengkak besar.

CARA MENOLAK: sebelum anda masuk ke restoran tersebut pastikan telah melihat berapa harga yang tertera, jika diperlukan anda dapat melakukan komparasi harga terlebih dahulu dari beberapa restoran yang berdekatan supaya mengetahui apakah harga yang mereka lihatkan ini normal atau tidak. Sehingga, budget traveling anda masih dalam zona aman tidak tergerus dengan biaya selangit yang akan mengacaukan uang tabungan anda.

Baca juga:

#3. Waspada Tempat Wisata Gratis Jangan Sampai Bayar.
Poto credit: ivisa.com

Ada beberapa tempat wisata yang ada di Vietnam tidak berbayar alias gratis karena anda tidak mengetahui informasi lengkapnya membuat anda harus membayar sejumlah uang yang sebenarnya tidak perlu anda keluarkan sama sekali. Banyak sekali tempat wisata gratis yang ada di Vietnam ini yang masih terjaga dimulai dari kuil hingga beberapa bangunan penting bersejarah hingga keindahan alam geologikal yang ada di Padang Pasir Mui Ne dan Ha Long Bay. Kasus umum yang terjadi saat turis datang mengunjungi disekitar area tertentu ada pihak yang menyatakan bahwa ada biaya masuk yang dibebankan kepada turis.

CARA MENOLAK: pastikan anda mempunyai informasi yang cukup tempat wisata yang akan dikunjungi sebelum anda datang sudah mengetahui bahwa tidak ada biaya masuk. Lakukan riset sejenak dan pastikan anda sudah mengetahuinya sehingga saat berada di tempat wisata gratis ini anda tidak mengeluarkan uang sama sekali, walaupun ada informasi sumbangan atau charity hal ini pasti tidak ada masalah.

#4. Pemesanan Hotel Palsu.
Poto credit: blog.traveloka.com

Pastinya penipuan ini juga berlaku disaat turis tidak mengetahui pemesanan hotel palsu yang menyebabkan kerugian yang akan dirasakan saat anda telah melakukan transaksi. Biasanya oknum ini bergerilya untuk memberikan informasi bahwa adanya tarif hotel murah tetapi harus membayar penuh dimuka terkesan pada waktu anda berkunjung selalu penuh tetapi kenyataannya tidak sama sekali. Bahkan oknum ini memberitahukan bahwa disaat waktu kunjungan anda harga hotel telah merangkak naik dan anda harus membayar sejumlah harga yang jauh dari harga pasaran yang sebenarnya. Bahkan ada pula pihak yang membantu anda ini menolak memberikan paspor yang telah anda berikan kepada mereka sebagai validasi data dan mereka menolak untuk memberikannya asalkan harus memberikan biaya tambahan yang cukup tinggi.

CARA MENOLAK: sebaiknya anda melakukan pembelian di agen pemesanan hotel yang terpercaya tidak adanya unsur penipuan dan pastinya harga pemesanan hotel ini sangat kompetitif. Jika anda seorang traveler smart dan cerdas akan melakukan komparasi beberapa provider pemesanan kamar hotel ini agar mendapatkan harga yang paling kompetitif dan sangat terjangkau. Tidak ada unsur penipuan bahkan tidak adanya memberikan jaminan paspor untuk melakukan transaksi hanya kode saja dimasukan di kolom yang disediakan sebagai validasi data saat check ini di hotel tujuan.

Baca juga:

#5. Waspada Banyak Barang Palsu.
Poto credit: traveltriangle.com

Hampir beberapa produk yang ditemukan di dunia ini sdh dipastikan ada asli dan palsu termasuk di negara Vietnam. Bayangkan jika anda ingin membeli kain sutra hingga mutiara di dapat palsu disaat anda ingin mendapatkan barang asli di sana tidak di dapatkan. Pastinya anda sebagai turis yang menginginkan barang asli dipastikan tempat untuk membeli barang ini di lokasi yang teruji kualitasnya dengan otentik desain dan keunggulan produk yang mereka hasilkan untuk dijual kepada seluruh konsumen. Pastikan anda berhati-hati ada pihak yang memberikan informasi yang menyatakan barang yang mereka sediakan dimulai dari sutra, batu mutiara, dan berbagai jenis produk fashion hingga aksesoris sekalipun harus tetap waspada.

CARA MENOLAK: selalu pastikan seluruh informasi yang menjelaskan bahwa barang yang anda pilih memang asli dan tidak ada kecurigaan palsu atau kw {baca kawe}. Untuk menentukan vendor yang menjual barang ini tentu harus didasarkan rekomendasi hingga review dari berbagai pihak yang telah mengungguli jenis barang yang dijual di toko atau galeri tersebut.

#6. Waspada Taksi Meter.
Poto credit: tripzilla.com

Pastinya pengalaman dari rekan menggunakan taksi di Vietnam banyak sekali mimpi buruk yang dirasakan disaat mereka berwisata di negara tersebut butuh transportasi cepat dan nyaman untuk sampai ke tujuan membutuhkan uang yang sangat tinggi. Memang taksi menjadi pilihan terbaik untuk bepergian disaat anda dan rombongan akan memberikan biaya murah apabila patungan. Hal yang sangat tidak nyaman adalah pengemudi taksi yang tidak mempunyai attitude baik hingga moral sangat kurang sopir taksi tidak mau menggunakan argo meter bahkan mematok harga yang akan dibayar untuk sampai ke tujuan. Bahkan mereka menggunakan taktik untuk memilih jalan memutar jauh sehingga jarak tempuh menjadi lama dan waktu menjadi panjang.

CARA MENOLAK: masih ada taksi yang mempunyai reputasi baik dan teruji keunggunalannya saat anda membutuhkan taksi tersebut untuk berpindah tempat. Gunakan taksi bermerek Vinasun atau Mai Linh, dan mereka ini sering ngetem disekitar lokasi penting ini. Jadi, anda yang stay di dekat dari ngetem taksi ini dapat menggunakannya untuk bepergian.

#7. Waspada Penipuan Rental Sepeda Motor.
Poto credit: videoblocks.com

Memang menggunakan sepeda motor untuk bepergian menjadi pilihan terbaik karena harga sangat terjangkau hingga gesit di jalan raya. Banyak sekali sepeda motor banyak digunakan oleh penduduk lokal hingga para turis untuk bepergian ini ada saja oknum yang mengambil keuntungan yang tidak bertanggungjawab dengan menipu untuk rental sepeda motor. Mereka bekerja dengan cara motor curian mereka sewakan kepada turis dan pastinya setelah tertangkap mereka akan meminta kompensasi terhadap pola pnecurian yang seolah-olah turis yang melakukannya. Banyak sekali pola yang sangat mirip seperti ini memberikan kerugian kepada turis sehingga ujung-ujungnya akan menguras uang turis sebanyak mungkin. Durasi yang dipakai oleh mereka ini tidak tanggung-tangung bisa hitungan jam saat setelah rental selesai. Tentu hal seperti ini menjadi mimpi buruk yang sangat tidak menyenangkan saat anda berlibur di Vietnam.

CARA MENOLAK: pastikan anda mempunyai SIM yang masih berlaku dan valid untuk digunakan di luar negeri, dan periksa kendaraan yang akan anda pakai saat melakukan penyewaan kepada pemilik kendaraan. Pastikan sebelum anda rental lihat kondisi kendaraan termasuk gorensan, penyok, dan lain sebagainya. Poto sebagai bukti dan harus diketahui kedua belah pihak sehingga kenyamanan di akhir sewa masih dalam zona aman terkendali.

Baca juga:

#8. Waspada Penjualan Tiket Kereta Api.
Poto credit: english.vietnamnet.vn

Memang penipuan yang akan dihadapi selalu akan dihadapi di berbagai lini. Hal yang paling banyak dirasakan adalah membeli tiket kereta api untuk bepergian ke tempat wisata yang paling menarik di Vietnam. Memang kereta api sangat efektif untuk dipilih karena memberikan tingkat kenyamanan yang sangat memadaai. Waspada dengan situs yang menyediakan pembelian tiket kereta api yang panjang dimulai dari Hanoi sampai dengan Ho Chi Minh City. Situs yang mulai meresahkan ini tentu banyak rekan yang telah menjadi korban disaat setelah transaksi tidak ada notifikasi sama sekali baik tiket atau pemberitahuan melalui e-mail. Tidak hanya itu saja, masih adanya calo yang berjalanan menunggu mangsa dengan membantu mencarikan tiket dengan harga diatas dari harga yang telah ditetapkan. 

CARA MENOLAK: anda sebagai traveler yang sangat cerdas dan smart pastinya akan membeli tiket kereta api ini di website resmi dan mempunyai reputasi terbaik. Jika anda telah berada di kota tujuan sebaiknya langsung menuju ke loket penjualan tiket langsung dan pastinya anda akan mendapatkan harga yang standar tidak ada embel-embel lain. 

Komentar

  1. dulu waktu pertama kali ke HCMC yang aku takutkan adalah ditipu tipu atau kecopetan.
    jauh sebelum berangkat browsing sana sini sampai muncul keraguan, tp tiket udah kebeli, akhirnya nekat berangkat. Dan beruntungnya ketika disana, semua baik baik saja
    dan yang penting mawas diri juga terhadap barang bawaan

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.