Langsung ke konten utama

20 Nama Makanan Khas Tradisional Halal Dari Swedia Lezat Incaran Traveler Indonesia

Negara Eropa Swedia yang juga mempunyai pariwisata yang menarik ada kuliner makanan khas yang sudah hadir memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia dan dunia diolah secara tradisional menajadikan sebuah destinasi yang sebaiknya dicoba. Apabila anda menyukai masakan Eropa negara Swedia juga memiliki rasa yang unik dengan olahan masakan yang sudah dari zaman dahulu hingga sekarang masih ada bahkan sudah menjadi industri makanan yang dijual di restoran hingga pusat jajanan kota Swedia. Inilah nama makanan khas destinasi kuliner yang bisa anda jadikan referensi halal anda jika berada di negara yang sangat dekat dengan Paris dan Inggris ini tersimpan menu makanan siap anda cicipi. Untuk penjual sekarang masih sedikit tetapi bisa anda jadikan rujukan oleh traveler Indonesia  yang selalu mencari olahan makanan bertema halal. Semoga bermunculan tempat makan yang bertema halal di Swedia, semoga.

1. Selai Lingonberries.
Poto oleh: tastingtable.com

Selai untuk tambahan pada makanan lain yang diolah oleh penduduk lokal Swedia. Selai Lingonberries ini sangat berlimpah sekali di negara ini terutama di pedalaman hutan yang sangat terawat ini, karena sangat berlimpah jumlahnya kemudian dikumpulkan dan diciptakan sebuah olahan selai. Dengan hasil bumi lingonberries yang sangat berkualitas dari Swedia ini dapat digunakan untuk olahan lain seperti daging sapi rebus, baso, hidangan hati sapi, dan juga ditemukan pada olahan ikan goreng. Hidangan yang sangat populer lainnya tersaji dengan selai Lingonberies ini adalah kue kentang, mustamakkara, pitepalt, kÃ¥ldolmar, serta sosis daging yang banyak digunakan dengan lingonberries. 

2. Gravlax atau Lravad Lax.
Poto oleh: taste.com.au

Hidangan yang sangat lezat dari Swedia ini termasuk menu Nordic yang bahan utamanya adalah ikan salmon mentah dicampur dengan garam dan gula ditambahkan beberapa rempah lainnya sehingga sangat lezat untuk disantap. Bagi anda pecinta ikan salmo dapat mencoba makanan ini dimana tersaji sebagai makanan pembuka ditambah dengan saus mustard, kentang rebus ataupun tambahan roti.



Kilas sejarahya sekitar abad pertengahan gravlax ini dibuat oleh para melayang yang menggarami ikan yang secara tidak langsung telah terjadi proses fermentasi. Gravlax berasal dari bahasa Skandinavia sangat populer terutama bagi anda mencari ikan sebagai meu utama. Tetapi menu ikan salmon yang digunakan ini tidak banyak lagi di produksi di bumbuni dengan garam, gula, dan tambahan bumbu lainnya dalam waktu sampai dengan satu minggu. 

3. Cinnamon Roll.
Poto oleh: cookingclassy.com

Hidangan kue yang dicampur dengan bumbu kayu manis ini tersaji lezat di pusat jajanan kota Swedia. Khas tradisional dan lezat ini berbentuk gulungan adonan yang merekah ditambah dengan beberapa toping yang menggugah selera. Bahan utama yang dipakan adalah tepung gandum, gula, mentega, kayu manis yang sangat kuat terasa aromanya. Di Swedia makanan khas Cinnamon Roll ini disantap pada menu sarapan pagi yang ditambahkan dengan selai Lingonberry, strawberry, ataupun hanya icing sebagai pelengkap. Cukup banyak penjual makanan ini di pusat kota Swedia yang berjejer dengan siap menanti anda untuk menikmatinya termasuk di cafe tempat nongkrong.

4. Janssons frestelse.
Poto oleh: arla.se

Termasuk masakan khas tradisional dari Swedia ini yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa disuguhkan kepada traveler halal dari Indonesia adalah kentang, remah-remah roti, acar, bawang dan krim susu. Memang menu ini banyak ditemukan di hari perayaan tetapi untuk wisata kuliner bertema halal juga di Swedia. Berbahan dasar kentang potong yang diiris tipis ini yang dimasak berlapis ditambahkan krim untuk satu layong. Proses memasaknya menggunakan oven tersaji lezat di atas meja.

Baca juga:
Makanan Terlezat Khas Dari Negara Swiss
Makanan Terlezat Khas Negara Italia
Makanan Khas Lezat Halal Populer Istambul Turki
Jangan Lupa Cicipi Kuliner Makanan Khas Lezat Dari Britania Raya London Inggris
25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

6. Semla.
Poto oleh: visitsweden.com

Makanan ini sebenarnya banyak ditemukan di beberapa negara tetangga Swedia, penduduk lokal menyebutnya Semlor yang disajikan bersama segelas mangkok susu dengan sebutan menu hetvägg. Dari segi bahasa mungkin ada keterkaitan dengan beberapa bahasa yang sama dengan Swedia, tetapi nama semla atau semlor ini merupakan asli bahasa Jerman yang berarti tepung yang berkualitas tinggi {wikipedia}. Menu ini sangat unik dan manis rasanya bisa menjadikan referensi anda untuk mencoba dalam kuliner di Swedia.

7. Pyttipanna.
Poto oleh: commons.wikimedia.org

Hidangan ini sudah sangat khas dari tradisional sekali ada di Swedia. Kesukaan menu ini juga ada di beberapa negara tetangga Swedia seperti Norwegia, Finlandia, bahkan Denmark. Orang lokal menyebutnya biksemad yang artinya mixed food atau campuran semua makanan. Memang untuk makanan aslinya ada yang tidak halal tetapi dengan banyaknya wisatawan Indonesia yang meniginkan makanan ini maka penjual sudah mulai memperhatikan. Jika anda berada di Swedia dan menemukan penjual yang ada di pusat jajanan kota Swedia maka harus coba. Menu ini isiannya berupa daging sapi cincang ataupun ayam, sosis, bakso, kemudian ditaro di pan gorengan. Tersaji di menu ditambah dengan telur dadar, acar, dan tambahan lainnya beserta kecap bahkan ada juga saus cokelat. Sejarahnya, menu makasan sebelum yang masih berlebih kemudian penduduk lokal mengolahnya kembali untuk bisa disantap kembali. Tetapi jenis pyttipanna juga tesedia untuk para pecinta vegetarian.

8. Crayfish Food.
Poto oleh: thespruce.com

Crayfish sejenis udang karang yang sangat lezat tidak hanya terkenal di Swedia juga terkenal di seluruh dunia termasuk jenis udang yang ukuran kecil hingga berukuran besar. Hidangan ini tersaji dalam berbagai jenis masakan seperti jenis sup, étouffées, bisques, dan juga tersaji utuh di atas meja juga ada khusus bahoan ekor. Mungkin sebagian dari traveler Indonesia menyukai keluruhan bagian udang karang ini juga bisa disajikan sesuai dengan keinginan untuk porsi lainnya seperti daging cakar juga bisa disantap.

9. Ostkaka.
Poto oleh: blogg.mama.nu

Menu cheese cake yang sangat lezat merupakan khas dan tradisional dari Swedia. Desert ini mungkin ada perbedaan di Swedia terutama di dua wilayah Hälsingland dan Småland. Walaupun ada perbedaan sama-sama mempunyai rasa yang lezat dan gurih. Teksturnya lembut dan halus juga ada rasa cincangan daging almond terasa kriuknya. Untuk penyajiannya juga ditambahkan beraneka jenis ragam selai populer seperti croberi, bluberry, lingonberry, ataupun cloudberry. Tetapi ada juga penjual yang menambahkan potongan buah segar dupaya terasa segar lebih tambah sehat dan berserat baik untuk kesehatan.

10. Wallenbergare.
Poto oleh: alchetron.com

Menu hidangan yang khas lezat tradisonal yang berisikan daging sapi muda, kuning telur, krim, serta ada tambahan tepung roti. Untuk tersaji dipiring ada tambahan kentang yang telah dihaluskan serta kacang polong. 

11. Filmjölk.
Poto oleh: en.wikipedia.org

Menu khas dan tradisonal lainnya dari Swedia adalah Filmjölk sebagai produk susu fermentasi. Susu segar yang diolah ini dari susu sehingga sangat lezat. Asam dari susu Filmjölk ini yang mengental ini mempunyai rasa yang khas yang harus anda coba.

12. Risalamande.
Poto oleh: arla.dk

Hidangan dari beras dan almond ini juga tersedia juga di negara tetangga Swedia seperti Denmark. Telah hadir sekitar akhir abad ke 19 ini bentuk puding yang dicampur juga dengan krim kemudian almond cincang juga tersaji ditambah dengan saus ceri. Tentu rasanya lezat, menu khas ini menjadi menu wajib untuk perayaan keagamaan penduduk Swedia, tetapi dari dari bahan yang tersedia cukup halal. Puding beras yang makin populer ini sangat eksklusif ini juga ditambahkan krim, vanili, juga cincangan almod tersaji panas dan aroma kayu manis dan mentega juga terasa. 

13. Kladdkaka.
Poto oleh: koket.se

Sejenis kue khas dari Swedia yang lezat yang dikenal dengan kue lumpur coklat yang lengket sepintas mirip dengan brownis pusat tengahnya lembut dan lengket. Disajikan diberikan beberapa toping seperti selai stroberi, bluberri, lingonberry, atau lainnya. Sebagai sentuhan akhir diberikan whipped cream sebagai memperlezat menu ini.

14. Pitepalt.
Poto oleh: kattasbetraktelser.se

Hidangan khas dari Swedia ini tersaji dengan kue isi daging yang berasal dari kota Piteå mirip seperti bulatan bakso. Sebagian besar terbuat dari kentang mentah dan tepung gandum atau gandum. Untuk isian daging halal bisa berupa daging sapi atau daging ayam sebagai menu yang disukai oleh traveler halal dari Indonesia. Setiap penjual mempunyai kreasi masing-masing dengan menambahkan beberapa bumbu daun serta bawang sebagai memperlezat menu ini. Jadi pastikan anda cicipi menu halal kepada penjual yang ada di pusat jajajan kota Swedia.

15. Hasselback Potatoes.
Poto oleh: archanaskitchen.com

Menu khas tradisional dari Swedia lainnya yaitu Hasselback, makanan yang terbuat dari kentang panggang yang di iris tipis yang masih utuh dalam satu buah bongkahan ditabui dengan remah roti serta butter untuk memperlezat kudapan. Menu ini sudah tersaji sekitar tahun 1953 yang diciptakan oleh Leif Elission dari kota Värmland.

16. Flygande Yakub.
Poto oleh: planticize.com

Menu dari Swedia ini casserole yang isiannya daging ayam, sambal, krim, kacang panggang, pisang serta ada campuran daging sapi. Untuk menu yang asli tradisional daging ayam harus dibumbui terlebih dahulu dengan bumbu Italia. Memang masyarakat lokal menggunakan daging tidak halal tetapi sekarang ini sudah tersedia menu halal Dipanggang dalam oven dihidangan dengan nasi ataupun dengan salad. Untuk menu vegetarian juga tersedia sebagai pilihan.

17. Rose Hip Soup.
Poto oleh: eatsmarter.com

Jenis sup yang terbuat dari bunga mawar ini sangat lezat dan populer khas dari Swedia. Disajikan sebagai menu penutup yang ditambahkan dengan krim, susu, dan tambahan es krim vanila. Tambahan biskuit almond sebagai tambahan yang sangat disukai bahkan disenangi oleh penikmat kuliner Swedia. Sebagi penikmat makanan bisa disajikan untuk sarapan penampilan sangat sederhana ini terlihat sedikit enxer. Mungkin lebih enak juga diganti dengan tambahan roti untuk memperlezat masakan.

18. Swedish Fruit Soup.
Poto oleh: thespruce.com

Sebutan sup buah Swedia ini berisikan buah-buahan kering yang dijadikan sebuah menu yang tersaji sebagai hidangan penutup. Tradisonal di Swedia dan Norwegia ini dapat disajikan dalam keadaan dingin. Sup buah ini termasuk makanan pokok untuk negara-negara di daerah Skandinavia ini sangat tradisional juga menjadi menu wajib untuk perayaan agama mereka. Dapat dinikamti dengan sajian kue ataupun minuman lainnya seperti kopi.

19. Vispipuuro.
Poto oleh: meillakotona.fi

Tersaji manis dengan bahan gandum semolina sebagai bubur penutup makanan dengan buah tang disajikan bersama lingonberries. Menu tradisonal ini juga ditemukan di Swedian dan Finlandia. Dimasak menggunakan berry untuk memberikan rasa manis setelah dingin makan bubur tersebut disajikan dengan whipped cream.

20. Hallongrotta.
Poto oleh: breadandcompanatico.com

Jenis kue tradisional dari Swedia ini cukup enak dan gurih. Kue kering ini juga populer di USA sebutan kue jempol. Aroma vanila yang dipanggang ini disajikan denga toping aneka selai raspeberry ataupun stroberi.

Kuliner ini sudah bisa menjadi destinasi makanan khas tradisional yang ada di Swedia, pemerintah disana telah memperhatikan konsep halal dan menjadi kabar gembira bagi traveler Indonesia yang ingin mendapatkan referensi makanan halal yang disantap jika berada di Swedia. Untuk bahan yang tidak halal sudah mulai dilakukan substitusi ke bahan yang lebih baik untuk tecipta konsep halal yang sesungguhnya. Semoga semakin berjalannya waktu banyak penjual makanan ini yang sangat ramah dengan makanan halal yang sangat dirindukan oleh seluruh traveler seluruh dunia terutama Indonesia.

Tag:
makanan-khas-swedia
makanan-halal-khas swedia-enak-lezat
khas-swedia-makanan-lezat-enak
lezat-enak-makanan-swedia
cemilan-manis-lezat-khas-swedia

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.