Langsung ke konten utama

Kenapa Padang Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Populer di Indonesia dan Dunia, Ini Alasanya

Siapa yang tidak mengenal kota Padang Sumatera Barat sebagai kota yang berisikan urang awak yang suka merantau dengan keahlian dalam perdagangan serta mengolah makanan yang super sangat lezat. Surganya liburan yang begitu populer ini sudah menjadi agenda wajib yang diselipkan sebagai kandidat tempat yang sudah disurvei oleh beberapa travel agen yang menyuguhkan keindahan alam hanya dalam beberapa hari saja. Kenapa sih begitu antusias sekali para turis dalam dan luar negeri memilih provinsi ini sebagai tempat berlabuhnya liburan hanya dengan kedipan mata. Ini alasannya.


Salah satu pesona di Taruko Cafe and Resto di Ngarai Sianok Bukittinggi .

1. Kondisi alam yang sangat alami.

Masih alami kondisi alam masih terawat merupakan kerjasama antara pemerintah kota provinsi dengan masyarakat begitu kentalnya. Setiap sudut pandangan terlihat hijaunya pohon dengan segarnya udara dapat dirasakan pada saat anda berada diperjalanan. Betapa tidak, semua hutan yang ada dibukit barisan serta pegunungan dan perbukitan ini masih dijaga dengan baik bahkan dimasukan kedalam peraturan kehutanan yang menerapkan sanksi jika terjadi pembalakan liar.

2. Budaya yang terlestarikan.

Provinsi yang mempunyai budaya disetiap sendi kehidupan sangat bisa ditemui, dimulai dengan tata krama atat untuk menyambut tamu kehormatan juga ada adatnya. Tagak gala, pemberian nama kehormatan serta adat istiadat perkawinan sangat kuat sekali. Anda pasti tercengang dengan budaya yang ada di Ranah Minang, setiap kabupaten mempunyai perbedaan dalam adat perkawinan dimulai dari awal proses hingga pesta perkawinan dengan pakaian adatnya. Keunikan inilah yang menjadi daya hipnotis bagi para peneliti sistem matrilinial bundo kandung.

3. Wisata halal terpercaya.

Beberapa waktu belakangan ini provinsi Sumatera Barat termasuk destinasi wisata halal yang sudah mendunia. Beberapa even internasional sudah diadakan di Mesjid Raya Sumatera Barat dengan perserta dari Eropa, Afrika dan Asia ini telah mencurahkan perhatiaanya terhadap umat. Dengan ditunjuk sebagai tuan rumah dengan menyuguhkan masakan yang tentu sangat dijamin kehalalnya dari mulai proses sampai menjadi hidangan yang dilakukan oleh urang awak asli Minang tentu sangat diapresiasi. Jika anda ingin tentram dalam wisata halal inilah kota yang terbaik yang harus dikunjungi.

4. Kompleksnya destinasi objek wisata.

Dimulai dari wisata adat istiadat, pantai, gunung, lembah, dan danau sudah ada di satu provinsi. Apa yang anda temukan ada di Sumatera Barat. Semua destinasi objek wisata ini yang terkenal Jam Gadang, Istana Pagaruyuang Batusangakar, danau maninjau, danau singkarak, danau diatas dan dibawah, wisata pulau, pantai, dsb menjadi rekomendasi para turis yang akan terus datang ke provinsi ini. Kompleksnya tujuan wisata menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melepaskan kepenatan rutinitas.

5. Surganya kuliner.

Olahan makanan yang sangat lezat ini sudah menjadi resep turun menurun dari nenek moyang sampai dengan generasi sekarang. Memang budaya asli urang awak Minangkabau tidak dapat tergantikan dengan budaya lainnya. Kuliner yang sudah termasuk makanan lezat dunia ini sudah pasti menjadi tujuan para wisatawan seperti rendang, gulai kepala ikan, nasi kapau, dsb merupakan menu wajib yang harus dicoba. Saya juga sudah menjelaskan tempat makan enak yang harus dikunjungi di kota Padang sebelum kembali pulang [baca:link] sebagai identitas asli urang awak dalam kuliner yang harus anda coba.



6. Lokasinya wisata satu dengan yang lainnya tidak begitu jauh.


Relatif dekatnya destinasi wisata juga menjadi andil yang harus dikunjungi oleh para turis. Dimulai dari wisata budaya, alam, dan pantai relatif mudah dijangkau dan jalur transportasi cukup memadaai baik. Konektifitas antara kota ini menjadi penting sebagai urat nadi transportasi yang selalu diprioritaskan oleh pemerintah provinsi sekarang sehingga destinasi wisata cukup banyak memberikan andil dalam pergerakan ekonomi di Ranah Minang.

7. Sebagai lokasi even internasional Tour de Singkarak.

Dengan pesona alam yang sangat luar biasa ini menjadi salah satu tema dalam Tour de Singkarak dengan peserta dari berbagai negara. Even ini diselenggarakan setahun sekali yang diakomodir oleh Dinas Pariwisata menjadikan salah satu cara memperkenalkan Ranah Minang sebagai lokasi wisata. Rute yang dilalui hampir semua lokasi wisata dari utara ke selatan dari barat sampai ke timur. Jadi, jika anda ingin melihat even ini bisa langsung datang dan nikmati bersama liburan bersama keluarga.

8. Wisata sejarah.

Sejarah kelam di Sumatera Barat sudah dimulai pada zaman penjajahan Belanda. Dimulai dari VOC tanam paksa, runtuhnya kerajaan Pagaruyung dalam perang paderi, serta dikeruknya hasil bumi batubara oleh penjajah Belanda, pembuatan bunker di zaman penjajahan Jepang ada di Sumatera Barat. Wisata napak tilas ini masih ada dan dirawat kelestarian serta masuk kedalam cagar budaya. Lokasi penting ini ada di Bukittinggi dan Sawahlunto sebagai wisata sejarah penting yang harus dikunjungi.

Menurut saya inilah poin penting kenapa Sumatera Barat sebagai kota destinasi wisata yang kompleks, menyeleruh, dan lengkap. Apa yang ada di alam Minangkabau sudah tereflesikan dalam tulisan para traveller yang menjadi daya tarik tambahan untuk anda yang ingin datang bersama keluarga, kolega, bahkan tamu penting. Kota ini mempunyai sejuta kenangan dan sejuta sejarah sampai sekarang ini. Dengan terkoneksi dengan bandara internasional sebagai pintu gerbang masuk sudah sangat memadai untuk dalam negeri dan internasional. Nah, tunggu apa lagi anda harus mempersiapkan cuti untuk liburan di kota ini sebagai tempat untuk relaxasi dan menikmati keseluruhan kompleksnya wisata di Ranah Minang.


Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.