Langsung ke konten utama

Kuliner Makanan Minuman Lezat Khas Thailand Terkenal Serta Populer

Liburan ke Thailand tidak mencicipi kuliner makanan dan minuman yang tersaji lezat menggugah tidak lengkap rasanya harus dicoba apalagi khas dan populer bagi traveler Indonesia dan dunia menjadi destinasi kuliner di negara Gajah Putih ini. Dengan kuliner para traveler dengan sengaja untuk datang menikmati olahan dari tangan terampil untuk disajikan sehingga serbuan pembeli yang ingin menikmati menjadi informasi populer bagi seluruh sosial media yang digunakan sekarang menjadi rekomendasi jenis makanan yang akan dibeli nanti. Negara Thailand dengan letak geografisnya tidak terlalu jauh dari Indonesia menjadikan destinasi favorit dengan nilai tukar yang masih terjangkau membuat liburan nanti menjadi lebih bermakna. Nah, inilah rekomendasi makanan minuman yang lezat populer di negara Thailand dengan khas dan unik menjadi populer untuk dinikmati bisa disebut sebagai cemilan, jajanan, hingga hidangan restoran ada semua. Bagi traveler muslim jangan khawatir, untuk beberapa menu ini sudah tersedia di tempat makan halal yang sudah banyak hadir di kota Bangkok Thailand.

CHA YEN.
Poto oleh: krapow.com

Inilah minuman khas dari Thailand yang sangat segar. Minuman populer ini sangat dicari jenis teh yang terkenal Thai Tea. Dengan campuran beberapa bahan lain seperti adas, susu, dan biji asam sangat segar sekali dengan terbuat dari teh riyam. Jika udara sangat terik panas matahari sangat cocok ditambah dengan es batu bertambah ceria liburan anda. 

GAI YANG.
Poto oleh: splendidtable.org

Wisatawan muslim yang sangat menyukai makanan halal dapat memilih Gai Yang sebagai wisata kuliner di Thailand. Cukup populer dan lezat makanan ini berbahan dasar ayam utuh dan harus dipersan satu ayam tidak bisa parsial dada ataupun paha seperti di warung makan Padang. Proses pemasakannya ayam utuh setelah dibersihkan dan diberi bumbu khusus asli Thailand kemudian dibakar diatas bara api.  Penyajiannya satu porsi ayam Gai Yang ini dipotong-potong kecil dan disajikan ke pelanggan. 



GUAY TEOW RHUA.
Poto oleh: bookthailandnow.com

Sejarah menu makanan ini adalah penjualnya ada di sebuah perahu. Jaman dahulu penduduk lokal yang pertama kali membuat menu jenis mie ini menjajakan makanannya menggunakan perahu untuk dijajakan kepada pembeli. Zaman sudah berubah tidak hanya di perahu lagi sekarang sudah banyak dijual di pusat kota Bangkok serta kawasan muslim juga tersedia. Guay Teow Rhua ini hidangan mie yang dicampur dengan kuah berbumbu dengan campuran dagig ayam atau daging sapu dengan ditambah toge segar dan daun bawang. Untuk satu porsi rasanya sangat kenyang apalagi ditambah dengan sayuran lengkap sangat mengenyangkan.

KHAO PAD POO.
Poto oleh: id-blog.zenrooms.com

Sekilas terlihat nasi goreng tetapi memang iya, tetapi yang menjadi unik adalah ada aroma melati karena memang cara membuatnya ditambahkan bunga melati dan dicampuri dengan saus ikan khas Thailand dan jerus nipis. Terasa segar dan aroma melatinya menjadi sensasi tersendiri untuk sebuah menu hidangan. Tetapi tidak hanya itu, Khao Pad Poo ini juga bisa diberi tambahan toping lain seperti telur dadar ataupun jenis sea food lain seperti suiran daging kepiting. Apabila anda sudah berada di Thailand jangan lupa hiangan khas lezat dan populer ini untuk dicoba.

KANOM KROK.
Poto oleh: trungdan.com

Cemilan khas populer Thailand ini terbuat dari kelapa yang digoreng berbentuk bulat yang punya bolongan kecil seperti memasak di penggorengan Takoyaki. Sangat tradisional sekali jajanan khas Thailand ini yang terbuat dari bahan santan, gula, tepung, garam, serta gula aren. Sebagai taburan akhir masakan diberi daun bawang. Kue gurih dan enak ini harus anda coba ya saat berada di sana.

KHA NIEW MA MUANG.
Poto oleh: seriouseats.com

Makanan pencuci mulut cocok sebagai menu setelah makan semua jenis masakan berat saatnya mencoba jenis hidangan ini. Kha Niew Ma Muang sejenis menu ketan yang dipotong ditambah dengan mangga segar dan krim santan kental. Manis terasa dan seger cocok sebagai pencuci mulut penutup makan hari ini. Sebagian traveler juga banyak mencari jenis makanan kahs lezat dan populer di Thailand ini baik di toko kue hingga anda yang menjual di kaki lima. Mangga kuning merekah dan manis sangat cocok sekali dipadu dengan ketan krim santan kental berbalur dimulut lumer terasa sampai ke kerongkongan. Jika di Thailand musim mangga sangat banjir menuu ini, seperti berlimpah dipasar tradisional dan toko kue.

KHAO TOM.
Poto oleh: commons.wikimedia.org

Jenis makanan khas lainnya adalah bubur nasi yang dicampur dengan daging ayam atau daging sapi ditambah dengan hasil laut lainnya. Apabila bubur nasi ini diganti dengan udang maka namanya menjadi Khao Tom Goong, tetapi menggunakan daging menjadi Khao Tom Moo. Penduduk lokal sangat menyukai menu ini yang dicampur dengan ikan menjadi berubah nama Khao Tom Pla. Jenis masakan Khao Tom ini termasuk masakan yang dicari oleh traveler muslim karena halal diolah oleh penduduk muslim yang ada di Thailand. Menu ini lebih banyak disajikan kepada teman yang sakit tak enak badan disajikan masakan ini sangat cocok sekalo untuk proses stamina penyembuhan. Karena bumbu untuk pembuatannya menggunakan rempah menghangatkan tubuh. Jadi cocok juga apabila cuaca di Thailand yang lagi hujan dan sejuk cari menu Khao Tom.

KHANOM CHIN NAM YA.
Poto oleh: urbanadventures.com

Makanan berjenis mie ini sangat digemaro oleh seluruh wisatawan dan penduduk lokal Thailand. Kuah yang sangat gurih nikmat lezat ini terbuat dari kari ikan dengan rasa pedas dari bumbu, Untuk pedesan ini bisa anda sesuaikan dengan tambahan sambel atau lainnya. Menu ini dapat anda temukan di pusat kota Bangkok dan pusat wisata lainnya.

KHAO SOI.
Poto oleh: aznmodern.com

Pecinta kuliner dunia harus mencoba makanan ini termasuk khas dan populer. Khao Soi ini merupakan sebuah hidangan menu yang sangat disukai oleh penduduk lokal terutama di bagian utara sampai ke negara tetangga Laos. Bukan dari asli dari Thailand tetapi modifikasi dan berasal dari negara Myanmar. Hidangan yang sangat lezat ini yaitu mie kuning dengan santan yang sangat gurih. Kuah ini bercampur dengan bumbu kare yang siap memanjakan lidah anda. Khao Soi ini kuah santannya tidak kental tetapi sangat pas komposisinya untuk campuran mie. Tersaji satu porsi Kao Soi ini dengan cabai, irisan bawang merah, acar timus, pilihan daging sapi atau daging ayam, serta segarnya perasa jeruk nipis.

ASINAN THAILAND.
Poto oleh: food.detik.com

Jenis makanan ini ada miripnya dengan asinan khas Bogor yang sering ditemukan di daerah Sunda. Satu porsi disajikan dibalur dengan kacang ini berisikan aneka buah segar seperti pepaya setengah matang, potongan wortel, tauge, dan sayur lainnya. Bahkan dimodifikasi dengan porongan buah musiman lainnnua, makanan pedas dan populer ini sangat cocok bagi anda seorang vegetarian dan lagi proses diet dengan rasa pedas asam dan asin yang segar apabila dikonsumsi disiang hari. Memang sebagian orang menyebutnya salad Thailand yang bisa ditemukan dipusat kota Bangkok, tetapi menu ini juga ada di negara tetangga lainnya seperti Laos dan Kamboja. Seger dan menyegarkan banyak sekali wisatawan menyukai menu ini dan harganya sangat terjangkau sekali alias tidak mahal.

KAENG MATSAMAN.
Poto oleh: thailandholiday.info

Makanan olahan dari umat muslim di Thailand ini bernama Kaeng Matsaman, kata Matsaman ini bukan dari bahasa Thailand merupakan nama yang olahan makanan dengan kaya bumbu rempah bertema kare yang banyak di dominasi masakan timur tengah. Rasa kari yang sangat terasa ini paduan rempah cengkeh, kapulaga, bunga lawang, jintan, kayu manis, serta daun salam ini menjadikan masakan ini telah hadir di bumi Thailand. Masakan ini sudah sangat terkenal kelezatannya dan harus anda coba saat liburan di Bangkok.

LARB.
Poto oleh: taste.com.au

Jenis salad lain juga menjadi favorit dan lezat untuk anda yang suka sayuran sebagai menu utama. Bukan berasal dari negara Thailand tetapi dari Laos yang sudah menjamur penjualnya disana. Arti Larb dari bahasa Laos dan Thailand adalah keberuntungan, tetapi makna seharusnya diambil dari bahasa Lanna di Thailand Utara yang merujuk kepada mencincang daging. Pada versi masakan Thailand ada imigran dari Laos yang sudah menetap tinggal di Isan Thailand Utara ini tentu berbeda sekali Larb asli dari Laos bedanya tidak menggunakan jeruk nipis dan kecap asin sama sekali, jadi rasanya cukup menyegarkan jika dikonsumsi. Jika muslim mencari makanan yang halal pilih penjual yang menyebutkan bahwa olahan mereka cocok untuk wisatawan dari Indonesia yang mencari makanan seperti ini dengan tambahan daging ayam sebagai tambahan di salad Larb.

NAI MONG HOY TOD.
Poto oleh: foodtravelerdsjhs.blogspot.co.id

Cemilan khas populer Thailand ini sangat mirip dengan telur dadar atau jenis omelet biasa. Jenis omelet ini cukup berbeda dengan tambahan toping sejenis kerang, traveler dunia menyebutnya sheelfish omelette atau oyster omelette yang sangat cocok menjadi kudapan senggang waktu liburan. Termasuk makanan khas yang cukup aneh di Thailand bagi traveler Indonesia tetapi rasanya cukup enak ditambah dengan cocolan saos khas Thailand untuk mempertinggi rasa.

PAD THAI.
Poto oleh: traveldaily.co

Inilah makanan yang berbahan dasar mie yang disiram dengan kuah berbumbu campuran dari kuah asam dan gula aren dengan toping beraneka ragam seperti tauge, kacang, udang, dan ditaburi dengan daun bawang segar. Para penggila masakan yang bernuansa mie harus mencoba Pad Thai, aneka toping ini bisa anda ganti sesuai dengan selera seperti daging ayam atau daging sapi sebagai protein gizi untuk seporsi pesanan. Sangat mudah menemukan masakan ini sudah banyak tempat yang menyediakan terutama di kaki lima di pusat wisata dan pusat kota Bangkok.

SOM TUM.
Poto oleh: thailandbackpackershostel.com

Makanan khas Thailand berupa sayuran salad jenis pepaya yang telah dicampuri dengan kacang panjang, garam, cabai, tomat, dan bawang putih ini disajikan dengan saus ikan dan bumbu kacang mempertinggi kelezatan menu ini. Untuk toping pilihan bebas dimuali dari aneka sea food segar yang akan menambah variasi makanan lain berada di Thailand. Cocok sekali dicuaca panas pantai yang akan membuat lidahmu ketagihan untuk nambah.

SERANGGA GORENG.
Poto oleh: Wikipedia

Mungkin sebagian traveler sangat kaget, geli, mungkin ada berpendapat jijik dengan memakan serangga goreng. Jangan remehkan makanan khas ini juga banyak peminatnya termasuk dari wisatawan Indonesia. Sangat unik bahkan orang bilang ektrim dengan jenis yang cukup banyak ragamnya yaitu belalang, ulat kayu, jangkring, dsb. Keseluruhan serangga ini rata-rata digoreng dan dapat ditemukan di jajanan kaki lima. Jika anda mempunyai nyali cobalah serangga goreng ini seperti belalang.

TOM KHA KAI.
Poto oleh: shesimmers.com

Jenis menu berkuah mungkin mirip dengan Tom Yam sebagai menu khas dari Thailand. Tom Kha Kai sejenis sup dan santan dengan citra pedas untuk setiap porsinya. Warna kuahnya putih ini bisa ditambahkan sambel sebagai peningkat rasa pedas. Setiap tingkat kepedasan ini bisa anda sesuaikan cocok sekali bagi anda yang menyukai menu pedas untuk makan. Sajian lain tambahannya adalah daging ayam yang telah disuwir menjadikan menu sangat unik. Tom Kha Kai ini juga ditambah dengan daun jeruk membuat aroma alami sangat tercium kuat pada saat menu datang di meja anda.

TOM YAM.
Poto oleh: kitchme.com

Semua orang sudah mengenal sosok makanan ini, dapat dikatakan sebagai makanan cukup fovorit bahkan populer sama lidah orang Indonesia. Campuran aneka sea food yang berkuah dengan rasa pedas asam ini dipadu dengan aneka rempah pilihan seperti lengkuas, sereh, daun jeruk, cabai, hingga bumbu rahasia lainnya membuat hidangan ini akan selalu dicari saat berlibur di Thailand. Sensasi makanan ini bisa anda temukan di kaki lima hingga restoran tentu harganya sangat sesuai dengan kantong.

TOD MAN PLA.
Poto oleh: djfoodie.com

Makanan yang terdiri dari ikan yang sangat disukai oleh penduduk lokal dan wisatawan. Makanan ini juga terhidang dengan jenis daging ayam dan daging ikan, tetapi masyarakat lokal lebih suka ikan dijadikan Tod Man Pla. Tentu jenis ikan terpilih harus khusus jenis dagingnya berwarna putih, di Indonesia ikan yang terkenal berdaging putih bersih ini adalah ikan tenggiri, ikan tuna, ataupun jenis ikan gindara. Di Thailand sendiri menu ini banyak ditemukan di kaki lima khususnya di pusat backpacker ataupun pusat kota. Berbahan dasar ditambah dengan bumbu kari ala Thailand. Bumbu kari ini membuat warna merah kekuningan alami pada ikan yang tersaji pada Tod Man Pla. Bahan lain yang tersaji didalam masakan ini adalah daging ikan dan daging ayam dengan irisan kacang panjang penikmat menu ini sangat menyukainya. Tambahan pendamping lainnya adalah acar timun untuk menambah rasa segar pada gigitan.

TIPS:
Memang olahan masakan Thailand pada saat ini sudah mulai membuka pola halal untuk memperkuat pariwisata disana dengan menu yang telah ada dirubah menggunakan jenis bahan yang dicari oleh traveler muslim. Tetapi anda harus melihat rekomendasi restoran atau pedagang yang menjual makanan menu populer ini di Thailand khusus halal dengan melihat penjual yang menjelaskan produk mereka benar-benar halal. FYI, untuk berlibur ke Bangkok Thailand tidak perlu apply visa, pemegang paspor Indonesia hijau bebas masuk dengan waktu terbatas. Jadi persiapkan tiket pesawat PP anda saja.

Baca juga:
Prosedur Penerbangan International Ke Internasional Di Bandara Internasional Suvarnabhumi Thailand {baca: link}

Komentar

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.