Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membuat Organ Bola Mata Tetap Jernih Dan Putihnya Bersih Secara Sehat Alami

Sebagai indera penglihatan yang sangat di jaga yaitu bola mata warna hitam serta putih bersih terlihat sehat jernih. Warna hitam bola mata banyak ditemukan di negara asia sebagai warna yang sangat disukai oleh wertern people membuat mereka terpesona olehnya. Begitu juga sebaliknya. Tetapi orang Indonesia yang memiliki warna putih dan hitam di bola mata menjadi pertanda bahwa orang tersebut terlihat sehat dan terlihat terbebas dari beberapa penyakit. Memang kenyataan jernihnya bola mata memberikan isyarat bahwa anda sehat atau tidak seperti adanya indikasi bahwa kondisi kesehatan anda sedang dalam bermasalah seperti stress, alergi, lelah, penyakit glaukoma, penyakit organ hati, dan lainnya.


Poto oleh: austinvisioncenter.com

Cara yang mudah dan sangat simpel ini bisa untuk membantu mata anda untuk menjernihkan atau memutihkan bola mata tidak secara medis hanya tindakan.

1. Lakukan Kompres Mata Dengan Air Sejuk Secara Berkala.
Cara seperti ini banyak sekali dilakukan pada spa agar merilekskan mata dengan memberi air sejuk pada media handuk diatas kelopak kedua bola mata. Sejuk terasa ini membuat rasa nyaman dan terasa segar sehingga anda bisa rileks sejenak untuk membuat indera penglihatan ini tetap prima. Caranya sangat mudah, siapakan air sejuk dan handuk bersih yang telah dicelupkan kemudian diperas airnya lalu letakan ditas kelopak mata seitar 5 menit sampai anda merasakan rasa sejuk di kedua nola mata. 

2. Pergunakan Obat Tetes Mata Jika Diperlukan.
Setiap melakukan aktifitas yang berhubungan dengan mata seperti bekerja, menonton, dan membaca akan membuat kondisi mata terasa kering. Untuk menghindari kondisi ini biasanya anda akan mencari obat tetes mata untuk meredam rasa yang tidak mengenakan itu. Apalagi menggunakan sepeda motor yang terkena angin selama perjalanan serta debu akan membuat rasa mata gatal. Aktifitas berat sebaiknya dikurangi dengan memberikan istirahat yang cukup pada mata agar rasa lelah mata bisa dikurangi jika perlu istirat sejenak dan ditambah dengan obat tetes mata jika diperlukan. Sebaiknya obat tetes mata ini direkomendasikan oleh dokter mata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



3. Jaga Mata Dari Sumber Iritasi.
Mempertahankan mata tetap bersih putih dan bening harus dihindari dari sumber permasalahannya yaitu sumber yang membuat mata iritasi. Kegiatan outdoor yang membuat mata terlibat langsung seperti debu, angin, asap  rokok, dan lainnya. Apabila anda sudah melihat adanya gejala lingkungan yang akan membuat mata anda iritasi sebaiknya dihindari, cari tempat yang membuat mata anda tetap aman dan tidak terganggu.

4. Konsumsi Makanan Sehat.
Makanan sehat turut berperan tingkat tinggi untuk membuat kondisi kedua bola mata tetap bersih putih dan bening karena makanan sehat tersebut mengandung beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh mata. Kedua elemen ini merupakan hal yang penting dan sangat dibutuhkan oleh indera mata untuk meningkatkan kualitas dan membantu untuk menghilangkan zat yang akan merusak mata. Jenis makanan sehat yang sangat direkomendasikan yaitu wortel serta sayuran hijau lainnya yang mengandung Vitamin A tingkat tinggi yang sangat berguna bagi kesehatan mata.

5. Kurangi Konsumsi Gula Serta Lemak.
Konsumsi lemak dan gula harus dibatasi karena jumlah berlebih akan merusak  organ lain termasuk mata. Kelebihan ini berakibat pada mata untuk takaran yang terbaik harus seimbang tidak terlalu berlebih dan tidak juga berkurang. Secara terus menerus akan bertumpuk akan membuat oragan hati bekerja lebih tinggi sehingga akan berdampak kepada kedua bola mata. Pastikan anda selalu mempersiapkan makanan yang tidak banyak mengandung gula dan lemak seperti di fast food restoran ataupun makanan instant.

6. Minum Cairan Cukup.
Konsumsi air minum yang cukup merupakan hal yang mutlak dan harus dilakukan oleh setiap individu. Dengan cukupnya air minum yang diminum membuat kondisi mata tetap stabil tidak dehidrasi sehingga mata tetap terlihat warna putih bersih dan jernih terjaga. Kebutuhan air minum yang dibutuhkan oleh tubuh antara 8-10 gelas per hari juga memberikan kestabilan seluruh oragan tubuh termasuk organ mata.

7. Lindungi Mata Dari Cahaya Matahari Langsung.
Cahaya matahari langsung pada siang hari sangat tidak baik bagi kondisi kulit dan organ lainnya termasuk organ mata. Apabila mata sering terkena sinar matahari langsung akan memperlemah kondisi mata mengakibatkan mata memerah ataupun kecoklatan akibat radiasi sinar matahari yaitu UV [Ultra Violet]. Jika kondisi panas terik dalam perjalanan sebaiknya anda menggunakan kaca mata anti UV yang terpercaya untuk melindungi mata dari bahayanya radiasi sinar matahari ini dari kerusakan jangka panjang. 


8. Hindari Minuman Soda Serta Cafein.
Pada zaman sekarang ini sudah bermunculan trend minum soda dan cafein pada saat nongkrong akan mempengaruhi kondisi mata dalam waktu jangka panjang. Minuman jenis cafein dan soda ini secara terus menerus akan menumpuk pada tubuh secara berlebihan tentu akan merusak organ lain yang secara multi efek merusak secara bersama-sama bahkan memperlemah kinerjanya. Termasuk organ mata yang akan mempengaruhi warna putih dan beningnya karena jumlah yang berlebih tadi turut memperlemahnya. Kurangi minuman soda dan cafein jika tidak perlu tidak usah meminumnya, apabila perlu hanya sewajarnya itupun tidak banyak jumlahnya.

9. Senam Otot Mata.
Menjaga kesehatan mata tentu sangat penting apalagi dengan kondisi putih bersih dan bening tercermin bahwa anda adalah seorang yang sehat. Selalu lakukan senam bata agar mebantu elemen yang ada didalam mata tetap bekerja secara maksimal khususnya bagi anda yang menggunakan kaca mata minus ataupun plus melakukan senam mata ini memberikan organ mata tetap stabil. Caranya sangatlah mudah anda menempatkan posisi duduk di tempat yang nyaman dan melihat ke pemandangan yang banyak warna hijaunya. Secara berkala minimal 10 detik menutup mata secara bergantian. Olah raga mata seperti ini akan memberikan efek segar pada penglihatan dan terasa rileks pada mata.

10. Berikan Pijat Ringan Sendiri Bersama Handuk Panas dan Dingin.
Selalu berikan pijat yang dilakukan sendiri pada waktu tertentu agar kondisi mata tetap prima. Pijat ini dibantu oleh handuk sebagai media untuk membawa suhu panas dan suhu dingin pada saat pemijatan. Suhu ini turut membantu mata terasa lebih segar dan anda bisa rasakan betapa rileksnya setelah melakukan pemijatan ini. Pemijatan ini bukan pemijatan seperti tubuh hanya memberikan sedikit stressing pada kondisi mata tertutup secara bergantian baik pada suhu panas atau dingin. Suhu panas dan dingin ini pada suhu yang standar untuk mata terasa nyaman. 

11. Lakukan Cuci Mata Rekomendasi Dokter Mata.
Pada saat sekarang sudah ada terapi cuci mata yang telah dianjurkan oleh dokter mata untuk memulihkan kondisi mata tetap jernih dan warna putihnya tetap bening. Cara ini memang harus mendapatkan rekomendasi dari dokter mata agar tata cara melakukannya bisa anda pahami dengan baik. Gunanya untuk mencegah beberapa bakteri atau virus yang masuk dari lingkungan, mencegah iritasi, dan pastinya menjadikan kondisi mata tetap prima. Kotoran mata yang susah keluar bisa dilakukan cara cuci mata.

12. Konsumsi Suplemen Mata Atas Rekomendasi Dokter Mata.
Pada masa ini sudah banyak suplemen mata yang dijual tetapi tidak semuanya cocok dan sesuai dengan karakter mata anda. Biasanya pada saat anda memeriksakan mata ke dokter mata akan diberikan beberapa tablet sebagai fungsi suplemen mata. Biasanya suplemen ini dapat diperoleh secara bebas di apotik. Sebaiknya anda melakukan konsultasi kepada dokter mata anda tersebut apakah dapat dibeli kembali sebagai suplemen tambahan, karena ada suplemen ini harus menggunakan resep dokter atau bisa digantikan dengan suplemen yang sama dengan merek yang berbeda. Jenis suplemen ini banyak mengandung Vitamin A yang mengandung lutein, beta karotein, dan zeaxantin yang bermanfaat untuk melindungi lapisan makula mata yang sangat sensitif.

13. Konsumsi Buah Segar Alami.
Tidak hanya suplemen saja yang bisa memberikan nutrisi penting berupa Vitamin A, untuk buah segar juga mengandung Vitamin C juga dibutuhkan oleh organ mata yang bisa anda dapatkan dari apel anggur, strobery, pisang, blueberry, mangga, dan buah lain yang mengandung Vitamin C. Jadi pastikan buah ini juga anda konsumsi secara berkala untuk membuat mata anda tetap jernih dan putihnya sangat bersih terlihat.

14. Gunakan Timun Sebagai Penyegar Bola Mata.
Mungkin cara ini banyak ditemukan di treatment kecantikan dyang biasa dilakukan oleh wanita. Tetapi cara ini juga berlaku bagi pria yang bisa secara langsung di rumah. Timun memberi nuansa sejuk yang mengandung enzim alami dan kandungan air yang cukup tinggi dapat mengurangi mata lelah serta kantung mata. Kelelahan mata yang menyebabkan iritasi bisa dikurangi menggunakan potongan timun ini dengan menempelkan pada mata dalam keadaan tertutup persis di atasnya. Jangan lupa timun yang anda pakai dalam keadaan segar, kondisi baik, serta telah dicuci bersih. Letakan selama 10-20 menit maka mata anda akan terasa rileks dan segar.

Baca juga:
Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat Jernih Bening Terhindar Dari Kebutaan Permanen
Waspada Penyakit Mata Ini Sangat umum Terjangkiti Oleh Traveler Bahkan Penduduk: Saat Sibuk Melakukan Trip Liburan Kesehatan Mata Harus Menjadi Prioritas

15. Pilih Konsumsi Minyak Sehat Untuk Mata.
Minyak sehat untuk mata saat sekarang juga sudah ada dijual untuk kesehatan mata. Jenis tertentu ini membuat mata lebih sehat sehingga kondisi prima mata bisa anda dapatkan. Jenis nama minyak sehat tersebut adalah mengandung omega 3 baik berupa minyak untuk proses memasak ataupun sebagai suplemen dalam bentuk kapsul. Perhatikan tata cara pemakaiannya dan sebaiknya anda melakukan konsultasi ke dokter mata isi kandungan tambahan dan manfaat lain yang bisa didapatkan dengan sempurna sehatnya.

16. Istirahat Tidur Cukup.
Hal yang sangat penting adalah anda harus mempunyai waktu istirahat yang cukup. Organ mata perlu istirahat jika dipaksa terus beraktifitas makan mata akan terlihat merah, apabila bagian putihnya sudah berubah menjadi warna coklat kekuningan akan butuh waktu dan tenaga eksta dari anda untuk mewujudkannya. Tidur yang bekualitas dan cukup anda telah menjadikan organ mata untuk memulihkan kondisinya untuk siap beraktifitas lagi keesokan harinya. 

17. Perhatikan Kebiasaan Pada TV, Gaget, dan Komputer.
Semua kegiatan kita tidak terlepas dengan barang berteknologi tinggi untuk melakukan beberapa aktifitas untuk bekerja. Seluruh aktifitas anda semua akan berhubungkan dengan waktu yang lama menggunakan alat canggih ini tentu akan memberikan efek dari radiasi dan gelombang elektromagnetik yang berasal dari alat tersebut yang akan mempengaruhi kesehatan mata kebeningannya hingga ke bagian putihnya. Anda harus memberikan waktu jeda untuk istirahat sementara jika diperlukan keluar dari ruangan untuk meniknati waktu bersama warna hijau jika sangat lelah anda bisa tidur sebentar.

18. Perikasakan Mata Ke Dokter Mata Secara Berkala.
Memang cara ini harus anda lakukan untuk memerikasakan organ mata untuk mengetahui kondisi dan keprimaaanya. Dari sini anda bisa mengetahui kondisi mata dan tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga ahli seperti dokter mata. Secara berkala ini gunanya untuk melihat apa saja gangguan dari organ mata dan bisa dilakukan tindakan secara cepat sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebutaan permanen. 

19. Jangan Kucek Mata.
Dalam keadaan tertentu ada terasa mata gatal ataupun adanya benda asing yang melekat pada mata. Tindakan yang reflek dilakukan adalah kucek mata karena tidak tahan rasa gatal. Tidakan ini tidak boleh dilakukan karena akan memberikan efek buruk terhadapa mata. Sebaiknya anda memberikan obat tetes mata ataupun harus berkunjung ke dokter ahli mata jika diperlukan.

20. Jangan Begadang dan Merokok.
Kebiasaan seperti tidak perlu anda lakukan apalagi merokok. Kegiatan yang tidak baik serta tidak bermanfaat ini akan memperlemah kondisi mata apalagi mengurangi kejernihan dan bagian putih mata. Aktifitas ini akan memperlemah kondisi mata dan akan memperkeruh warna putih. Sebagaian orang menganggapnya sepele tetapi dampak yang akan dirasakan akan memeberikan stressing kuat terhadap mata.

Baca juga:
Sharing Pengalaman Operasi Mata Katarak Orang Tua Di Padang Eye Center Sumatera Barat

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.