Langsung ke konten utama

Liburan Ala Backpacker Rute Jakarta Singapura Kuala Lumpur Malaysia Hatyai Bangkok Thailand

Saatnya melakukan jelajah liburan yang telah dipersiapkan selama satu tahun penuh dengan memanfaatkan tiket murah dari salah satu maskapai penerbangan berbasis LCC {Low Cost Carrier} akhirnya terwujud backpacker dimulai dari Singapura Kuala Lumpur Malaysia estafet terakhir ke Bangkok Thailand dengan budget murah meriah tentu disetiap individu berbeda setidaknya bisa mendapatkan informasi awal yang ada dapatkan dari tulisan ini. Liburan backpacker ke tiga negara ini sangat populer bahkan menjadi perdana bagi pemula yang ingin merasakan berada di negeri orang dengan waktu yang terbatas, dengan memanfaatkan gratis visa masuk pemegang paspor Indonesia hijau untuk masuk ke negara ASEAN seperti ini untuk jelajah dengan budget yang tidak terlalu mahal dengan suasana yang hampir sama dengan Indonesia. Informasi ini merupakan rangkuman perjalanan yang telah terlaksana sebelumnya yang bisa menjadi sebuah laporan komprehensif sebagai modal awal bagi rekan yang ingin melaksanakan perjalanan seperti ini



Formula Perjalanan:
Rute Pesawat: Jakarta-Singapura.
Rute Bis: Singapura-Kuala Lumpur Malaysia.
Rute Kereta Api: Kuala Lumpur-Bangkok Thailand.
Rute Pesawat: Bangkok-Jakarta.

Jakarta-Singapura.
Penerbangan pertama yang sebaiknya diambil adalah Jakarta-Singapura untuk melabuhkan kaki liburan dengan ransel yang akan dibawa. Penerbangan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari sekitar pukul 21:00 dengan penerbangan Air Asia, Scoot, Jet Star {jika berjalannya waktu jika ada maskpai lain anda bisa pertimbangkan untuk browsing cek harga}. Ketiga maskapai penerbangan ini akan melakukan promo jauh-jauh hari dengan harga yang sangat murah dimulai dari harga IDR 300.000 sekali jalan selalu melakukan cek harga sekala berkala dan informasi dari medsos, bahkan ada promo gratis bayar pulang gratis. Nah, saat itulah proses pembelian tiket sudah siap dan kemudian issued untuk keberangkatan enam bulan ke depan. FYI, maskapai penerbangan murah ini akan selalu memberikan harga tiket murah dan bisa anda manfaatkan untuk memulai backpackeran ke negara tetangga.

Saat penerbangan dimulai dimalam hari setelah pulang kerja dengan langsung menuju ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten dengan membawa barang bawaan yang simpel yaitu celana jeans 3 potong dan satu potong celana kantor, baju kaos 5 buah bersamaan dengan daleman, perlengkapan mandi dan sepatu untuk melakukan jelajah perjalanan selama backpacker beserta kaos kaki. Semua perlengkapan sehari-hari saya simpan di satu tas. Untuk dokumen penting seperti uang, pasport, seluruh akomodasi dan tiket perjalanan semuanya diletakan di tas kecil yang disandang. Pakaian pada saat keberangkatan sebaiknya berlapis karena pasti selama perjalanan suasana agak dingin apalagi nanti di pesawat serta mendarat di Singapura seperti jaket serbaguna.

Setelah cek in di konter maskapai penerbangan pilihan yaitu LCC semua selesai saatnya masuk ke Imigrasi untuk checking point sebelum masuk ke ruang tunggu. FYI, seluruh barang bawaan anda harus di scanning termasuk ikat pinggang dan jaket harus masuk kedalam mesin untuk pemeriksaan termasuk gadget di box yang disediakan. Jika masih ada juga berbunyi alarm waktu anda masuk maka anda siap diperiksa dari pundak sampai ke lutut. Jangan lupa persiapan untuk mengisi kartu Imigrasi Indonesia sebelum memasuki pesawat. Proses ini lancar dan siap masuk ke ruang tunggu. Perlu anda cermati bahwa sebelum pesawat mendarat di Bandara Changi Singapura para pramugari atau pramugari akan membagikan kartu Arriving Card yang harus anda isi, persiapkan alat tulis untuk mengisinya. 


Setelah naik pesawat dan landing di Bandara Changi sekitar pukul 24:00 dan jam 01:00 pagi waktu setempat maka hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah menunggu waktu Subuh masuk dan ibadah dan menikmati suasana bandara yang sangat luas. Anda bisa menikmati fasilitas gratis yang bisa dinikmati tanpa bayar di Bandara Changi, serta menikmati hidangan yang telah anda bawa siapkan dari Jakarta sebagai ganjal perut sesampai di Bandara Changi. Lumayan bisa hemat SGD10-SGD15 untuk sekali makan, kalau beli bandara ini lumayan mahal. Untuk minum ada kran gratis yang bisa anda nikmati yang lokasinya tidak jauh dari lokasi toilet bandara dan bisa isi ulang. Hal yang lain dilakukan harus menuju ke konter tourism yang menyediakan map Singapura dan beberapa informasi penting untuk jelajah negara ini. Map dan informasi lainnya sebaiknya anda ambil untuk memberikan informasi tambahan sebelum sampai di pusat kota.

Baca juga: 

Setelah pagi menjelang saatnya meluncur ke pusat kota Singapura, tujuannya ke Bugis Street. Menuju kesana menggunakan MRT dengan membeli kartu Tourist Pass yang telah dipersiapkan waktu dibandara. Karena kartu ini akan saya gunakan untuk menaiki seluruh transportasi publik di Singapura dimulai dari MRT, Bis, dan LRT tidak termasuk taksi untuk melakukan jelajah. Saya juga sudah menulis bahwa kartu yang diterima dan digunakan untuk jelajah di wisata kota Singapura. Nama kartunya {EZ Link dan Tourist Pass Singapura} menjadi andalan seluruh traveler dunia untuk melakukan perpindahan suatu objek wisata ke lokasi lain secara mudah dan cepat.



Tujuan perjalanan menuju ke Bugis karena lokasi ini sangat tepat untuk bermalam karena lokasinya dapat dikatakan di pusat kota dengan mudahnya akses transportasi dan juga banyaknya tempat makan yang murah di sekitar Bugis Street serta Bencoolen Street. Lokasi inilah banyak hostel penginapan backpacker yang bisa anda jadikan tempat menginap. Untuk harga dimulai dari SGD 25-35 tergantung jenis pilihan. Setelah sampai Bugis langsung cek in hotel sekitar pukul 12:00, dan harus masuk kekamar sekitar janm 13:00. Beres-beres mandi maka saatnya traveling di Singapura dimulai untuk menikamti seluruh objek wisata di Singapura. 


Liburan di Singapura secara backpacker ini bisa anda lakukan satu hari penuh efektif {setelah sampai hotel ditambah dengan keesokan harinya} saja karena harus melakukan perjalanan lusa malam melanjutkan melanjutkan perjalanan ke Malaysia menggunakan bis untuk sampai ke Kuala Lumpur Malaysia. FYI, anda harus membuat itinerary perjalanan rinci dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk melihat hingga sampai kembali ke hotel sebelum jam 22:00 atau 23:00 untuk istirahat.

Singapura - Kuala Lumpur Malaysia.
Pada saat ini anda harus menggunakan transportasi darat menggunakan bis dengan harga yang cukup terjangkau menuju ke KL Malaysia. Inilah alasanya kenapa memilih hostel penginapan di sekitar Bugis Street dan Bencoolen Street karena untuk naik bis menuju ke Johor Bahru Malaysia tidak terlalu jauh dari tempat penginapan. Jadi, intinya pilih tempat yang tidak terlalu jauh untuk melakukan estafet perjalanan kalau bisa tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk penghematan. Sebelumnya saya juga sudah menuliskan tata cara menggunakan bis ini dan bisa untuk menuju ke KL Malaysia sehingga anda bisa mendapatkan gambaran situasi di perjalanan.


Lamanya perjalanan tersebut sekitar 8 jam dari Singapura untuk sampai ke tujuan akhir TBS {Terminal Bersepadu Selatan} di Puduraya. Stasiun ini cukup besar dan terintegrasi dengan beberapa transportasi lain seperti kereta komuter. Untuk menentukan pilihan juga tersedia jenis hotel hostel tempat penginapan yang juga telah saya ulas di tulisan sebelunya. Anda bisa membacanya dengan beberapa rekomendasi yang bisa dipilih nanti serta tips nya.


Menentukan hostel sudah terpilih saatnya melakukan jelajah di KL Malaysia menggunakan transportasi publik yang telah menanti anda untuk melakukan jelajah. Objek wisata yang ada di Malaysia ini cukup muda diikuti karena melewati beberapa transportasi publik yang bisa anda jadikan sebagai cara yang efektif sehingga waktu yang tersedia bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin {baca: transportasi publik Malaysia}. Objek wisata di Malaysia yang harus dikunjungi menjadi andalan untuk menghabiskan masa liburan disana sebelum melanjutkan estafet ke Bangkok Thailand.

Kuala Lumpur Malaysia - Bangkok Thailand.
Untuk melanjutkan perjalanan dari KL ke Bangkok bisa anda gunakan kereta api langsung menuju Bangkok dan apabila anda menggunakan bis untuk menuju Bangkok tetapi harus stay sementara di Hatyai kemudian melanjutkan perjalanan ke Bangkok juga bisa kemudian estafet menggunakan bis dan kereta menuju destinasi akhir Bangkok. Semuanya sudah tertuang dalam tulisan dibawah ini.

Baca: 

Khusus bagi anda yang ingin menikmati wisata di kota Hatyai Bangkok terutama pusat kotanya dengan menikmati suasana silahkan saja dan jangan lupa mengunjungi Kim Yong Market dan Asean Trade Bazaar. Untuk melanjutkan perjalanan sebaiknya melanjutkan perjalanan dengan bis dan kereta api yang sudah menanti anda untuk sampai ke kota Bangkok Thailand. Sebenarnya kota Hatyai ini sebagai kota transit seluruh transportasi antar bangsa jadi tidak terlalu banyak wisata yang dilihat. Kalau anda ingin melihat silahkan saja tetapi harus menyediakan budget tambahan untuk menginap serta transportasi lainnya. Jika estafet sebaiknya sampai di Hatyai pagi dan berangkat kembali menjelang malam bisa menggunakan bis atau kereta. Untuk sampai ke terminal dan stasiun dapat menggunakan tuk-tuk yang banyak wara-wiri di pusat kota.

Sampai di Bangkok.
Bagi yang menggunakan bis akan masuk ke Terminal Mo Chit sebagai destinasi akhir dan anda sudah sampai di kota Bangkok Thailand. Seluruh barang bawaan anda harus diperhatikan agar tidak ada tertinggal. Bagi yang menggunakan kereta api akan berhenti di stasiun Hua Lampong Bangkok yang tidak jauh dari Khao San Road. Kedua jenis transportasi ini sangat direkomendasikan karena sangat dekat dengan pusat hostel penginapan ala backpacer.


Bangkok - Jakarta.
Setelah anda sampai di Bangkok Thailand dan sudah menikmati seluruh wisata yang ada disanan saatnya melakukan perjalanan pulang ke Indonesia. Penerbangan ini langsung dari Bandara Udara Suvarnhabhumi ke Soekarno Hatta langsung. Seluruh waktu perjalanan sesuai dengan jadwal pilihan dari maskapai penerbangan yang anda pilih. Jangan lupa persiapkan seluruh dokumen perjalanan pasport dan potongan kartu imigrasi Thailand dan Indonesia pada saat keluar dan masuk di pintu imigrasi masing-masing negara. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagaimanan perjalanan darat dari Jakarta-Singapura-Kuala Lumpur Malaysia-Hatyai-Bangkok-Jakarta. Untuk budget setiap orang berbeda dan sesuaikan dengan pengeluaran anda dimulai dari penghematan di setiap kegiatan wisata. Keseluruhan trip ini bisa menghabiskan waktu antara 6-8 hari, selama melakukan transfer menggunakan transportasi darat tidak perlu lagi mengeluarkan uang penginapan karena sudah menginap bersama transportaasi yang telah dipilih. Sekarang sudah mengetahui alur informasinya saatnya traveling.

Komentar

  1. Untuk di singapura, malaysia dan thailand, masing-masing berapa hari ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kami rekomendasi terbaik untuk masing-masing negara diluar hitungan transportasi koneksi antar negera jika menggunakan kereta api:
      SG: 3D2N
      KL: 3D2N
      BKK: 4D3N

      Hapus
  2. estimasi biaya berapa untuk perjalanan seperti di atas.? total sampai ke jakarta lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total estimasi {belum termasuk biaya tiket pesawat} dari JKT-SG dan BKK-JKT:
      SG: 3D2N sekitar Rp 1,5jt
      KL: 3D2N sekitar Rp 1 jt
      BKK: 4D2N sekitar Rp 1,5jt

      Biaya diatas biaya penginapan, makan, transportasi, dan oleh-oleh. Budget persiapan Rp 6jt. Untuk biaya ini tentu setiap traveler berbeda-beda, dan semua perjalanan dilakukan sangat ngepress bahkan ada persedian yang kami bawa dari Indonesia seperti rendang daging, mie instant, kopi dan teh sachet, dan beberapa makanan lainnya khusus untuk di Singapore yang sangat mahal biaya liburan disana.

      Hapus

  3. @gita satya namanya sama yaa rncana backpack sm siapa?brengan yuk..

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.